MOTIF TINDAKAN SOSIAL GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART TV PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPLB BCD YAYASAN PEMBINAAN ANAK CACAT JEMBER.

Mei Safitri, Anis (2023) MOTIF TINDAKAN SOSIAL GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART TV PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPLB BCD YAYASAN PEMBINAAN ANAK CACAT JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH. ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
ANIS MEI SAFITRI_T20191175.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan teknologi dalam dunia Pendidikan sangatlah penting dalam keberhasilan proses pembelajaran. Smart TV merupakan salah satu perkembangan teknologi yang mampu menunjang keberhasilan proses pembelajaran di kelas khusus nya pada anak berkebutuhan khusus ini yang mana anak yang mengalami keadaan ini sangat terbantu dengan adanya media pembelajaran ini.
Fokus Penelitian: Yang pertama yaitu Bagaimana Penggunaan Media Pembelajaran Smart TV pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di SMPLB BCD YPAC Jember. Dan yang kedua yaitu Apa motif tidakan sosial guru menggunakan Media pembelajaran Smart TV pada pembelajaran Pendidikan agama islam bagi anak berkebutuhan khusus di SMPLB BCD YPAC Jember. Tujuan dari penelitian ini adalah menambah khazanah keilmuan dari penggunaan media pembelajaran Smart TV pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus tentang materi sholat dan bacaan salat.
Dalam penelitian ini, menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian lapangan (Field Research). Untuk pengumpulan data nya dengan tiga tahap yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedang untuk analisis data menggunakan kondensasi data (Condantation Data), Data display (Penyajian data), dan Drawing and verifying Conclusion ( Penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini yaitu: Penggunaan media pembelajaran Smart TV pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan Khusus di SMPLB BCD YPAC Jember. Pemilihan media pembelajaran yang tepat membuat proses pembelajaran menjadi kondusif peserta didik lebih aktif untuk meyimak
video yang disajikan di Smart TV, hal ini menjadi solusi dari kendala yang selama ini terjadi sebelum menggunakan Smart TV : Motif guru dalam menggunakan media pembelajaran Smart TV yaitu dikarenakan guru ingin peserta didik memahami materi yang disampaikan, dengan adanya media pembelajaran Smart TV peserta didik bisa menyaksikan video atau gambar yang berkaitan dengan materi yang disampaikan guru dari alsan guru termasuk kedalam Tindakan sosial Max Weber yaitu Rasionalitas Instrumental yang mana tipe tindakan ini yang didasari oleh akal untuk mempertimbangkan alat yang ingin digunakan dan cara penggunaannya dalam mencapai tujuannya.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Smart TV, Pendidikan Agama Islam, Anak Berkebutuhan Khusus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160806 Social Theory
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anis Mei S Anis Mei Safitri
Date Deposited: 11 Dec 2023 06:36
Last Modified: 11 Dec 2023 06:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30097

Actions (login required)

View Item View Item