Manajemen perpustakaan keliling dalam meningkatkan minat baca pelajar di Kabupaten Jember

Karimah, Alfira Rahmatul (2023) Manajemen perpustakaan keliling dalam meningkatkan minat baca pelajar di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ALFIRA RAHMARUL KARIMAH_T20193115.pdf

Download (4MB)

Abstract

Upaya yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan memperbaiki sarana dan prasarana yang memudahkan akses informasi dan pengetahuan, salah satunya perpustakaan. Perputakaan haru mampu menyediakan sumber informasi dan kebutuhan masyarakatsehingga menjadi pusat sumber belajar. Perkembangan zaman membuat inovasi dengan adanya perpuatakaan keliling untuk menjangkau masyarakat yang jauh dari perpustakaan menetap.
Fokus Penelitian 1) Bagaimana Perencanaan Perpusling dalam meningkatkan minat baca pelajar di Kabupaten Jember 2) bagiamana pelaksanaan yang dilakukan perpusling dalam meningkatkan minat baca pelajar di Kabupaten Jember 3) Bagaimana Evaluasi yang dilakukan Perpusling dalam meningkatkan minat baca pelajar di Kabupaten Jember.
Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk medeskrispsikan perencanaan perpustakaan keliling dalam meningkatkan minat baca pelajar di Kabupaten Jember. 2) Untuk medeskrispsikan pelaksanaan perpustakaan keliling dalam meningkatkan minat baca pelajar di Kabupten Jember. 3) Untuk mendeskrisikan evaluasi perpustakaan keliling dalam meningkatkn minat baca pelajar di Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini yakni:1) Perencanaan perpustakaan keliling di Kabupaten Jember dalam meningkatkan minat baca yaitu a) Penentuan tim perpustakaan dan jadwal kunjungan perpustakaan keliling selama satu bulan, b) Pengadaan koleksi buku untuk menarik minat baca pelajar, c) Sosialisasi pengenalan program perpustakaan (2) Pelaksanaan perpustakaan keliling di Kabupaten Jember dalam meningkatkan minat baca pelajar yaitu a) Dengan kunjungan ke beberapa sekolah, para siswa sangat antusias dan tertarik dengan kunjungan perpustakaan keliling, b) Kunjungan rutin di Alun-alun Car Free Day pengunjung yang datang secara bergulir dan pelaksanannya lebih santai. c) Perpustakaan keliling bekerja sama dengan lembaga pendidikan ataupun organisasi untuk kunjungan perpustakaan keliling (3) Evaluasi manajemen perpustakaan keliling dalam meningkatkan minat baca pelajar yaitu a) Evaluasi untuk kunjungan sekolah, kurang tersedianya bahan koleksi pustaka, jadwal kunjungan yang bentrok, karena permintaan mendadak dari pihak sekolah ataupun pada saat hari libur. Waktu kunjungan yang terbatas. b) Evaluasi untuk kunjungan perpustakaan keliling Car Free Day di Alun-alun kurang tersedianya koleksi pustaka.
Kata kunci: Manajemen Perpustakaan Keliling, Minat Baca

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Depositing User: Alfira Karimah
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:38
Last Modified: 11 Dec 2023 04:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30113

Actions (login required)

View Item View Item