Problematika Mahasiswa Tingkat Akhir Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dalam Menyusun Skripsi

Rohma, Fiana (2023) Problematika Mahasiswa Tingkat Akhir Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dalam Menyusun Skripsi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Fiana Rohma T20171295.pdf

Download (10MB)

Abstract

Abstrak
Fiana Rohma, 2023: Problematika Mahasiswa Tingkat Akhir Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dalam Menyusun Skripsi.
Kata Kunci: Problematika Mahasiswa Tingkat Akhir, Menyusun Skripsi.

Problematika dalam menyusun skripsi menjadi salah satu masalah yang terjadi di lingkungan kampus. Kesukaran yang dirasakan oleh mahasiswa dalam penyusunan skripsi seringkali dijadikan sebagai suatu perkara yang besar, sehingga kesukaran yang dirasakan ini akan berkembang menjadi sikap yang kurang baik dan menyebabkan suatu kecemasan dan musnahnya motivasi. Hal ini menjadikan mahasiswa menunda untuk menyusun skripsi atau lebih memilih untuk tidak melanjutkan tugas akhirnya.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana problematika mahasiswa tingkat akhir Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dalam menyusun skripsi? 2) Bagaimana upaya dalam mengatasi problematika mahasiswa tingkat akhir Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dalam menyusun skripsi?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan tentang problematika mahasiswa tingkat akhir Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dalam menyusun skripsi. 2) Untuk mendeskripsikan tentang upaya dalam mengatasi problematika mahasiswa tingkat akhir Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dalam menyusun skripsi.
Metode fenomenologis penelitian kualitatif digunakan dalam melakukan penelitian ini. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember merupakan tempat kajian tersebut berlangsung. Purposive Sampling digunakan sebagai metode pemilihan sumber informasi. Observasi, wawancara, dan pencatatan semuanya digunakan dalam proses pengumpulan data. Gagasan Miles, Huberman, dan Saldana tentang cara menyingkat dan menyajikan informasi serta menarik kesimpulan darinya menjadi dasar metode yang digunakan untuk menganalisis data yang dikumpulkan. Sementara itu, triangulasi teknik dan triangulasi sumber digunakan untuk menguji kewajaran data yang dikumpulkan.
Hasil penelitian: Problematika mahasiswa tingkat akhir dalam menyusun skripsi antara lain, lemahnya pemahaman mengenai metodologi penulisan skripsi, kurang memiliki keterampilan dalam menulis karya tulis ilmiah, mengalami hambatan dalam menemukan problematika penelitian, mengalami hambatan dalam menyusun kajian pustaka dikarenakan terbatasnya literatur yang relevan dengan problematika penelitian, mengalami kendala dalam proses pengumpulan data, kesulitan dalam menganalisis data dan menarasikan pembahasan hasil temuan penelitian, mengalami kendala dalam proses bimbingan, prokrastinasi akademik, kesulitan finansial atau ekonomi, menikah atau memiliki kesibukan lain, seperti bekerja dan mengajar, terbatsnya fasilitas dalam mengerjakan skripsi dan tidak terbiasa berargumentasi. Sedangkan upaya dalam mengatasi problematika yang dialami mahasiswa tingkat akhir dalam menyusun skripsi, diantaranya melakukan kegiatan lain yang disuka, seperti jalan-jalan, makan-makan, tidur; mendekatkan diri kepada Allah; memberikan afirmasi positif kepada diri sendiri dan melakukan self talk; membuat target penyusunan skripsi; rajin untuk melakukan bimbingan; dan joki skripsi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fiana Rohma
Date Deposited: 12 Dec 2023 01:50
Last Modified: 12 Dec 2023 01:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30136

Actions (login required)

View Item View Item