Internalisasi Nilai-nilai Pancajiwa dalam Menumbuhkan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Bondowoso

Bahri, Saipul (2023) Internalisasi Nilai-nilai Pancajiwa dalam Menumbuhkan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Saipul Bahri - T20171383 wtr.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak
Saipul Bahri, 2023: “Internalisasi Nilai-Nilai Pancajiwa Dalam Menumbuhkan Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Bondowoso.”
Kata Kunci: Internalisasi Nilai Pancajiwa, Dalam Menumbuhkan Akhlak Santri.
Panca Jiwa Pondok bagi santri Pondok Pesantren Darul Istiqomah mungkin sudah tidak asing lagi karena setiap tahun dalam acara penyambutan santri baru selalu disampaikan. Panca Jiwa Pondok tersebut adalah Keikhlasan, Kesederanaan, Berdikari, Ukhuwah Islamiyah, Kebebasan. Lima hal yang ditanamkan dalam jiwa semua santri oleh pengasuh Pondok Pesantren, bukan hanya dalam acara penyambutan akan tetapi dalam upacara bendera, pramuka, dan juga kegiatan-kegiatan lain.
Adapun fokus pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana internalisasi nilai-nilai panca jiwa dalam menumbuhkan akhlak santri kepada guru di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Bondowoso? 2) Bagaimana internalisasi nilai-nilai panca jiwa dalam menumbuhkan akhlak santri terhadap ilmu di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Bondowoso?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) Observasi, 2) wawancara, dan 3) Dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Sesuai dengan hasil analisis, maka peneliti memperoleh kesempulan mengenai internalisasi nilai-nilai pancajiwa dalam menumbuhkan akhlak santri kepada guru dan akhlak santri terhadap ilmu, 1) proses internalisasi terhadao guru melalui beberapa tahapan yaitu: (a) tahapan tranformasi, pada tahan ini guru memberikan penjelasan dan pengetahuan terkait nilai pancajiwa dalam menumbuhkan akhlak satri kepada guru, (b) tahapan transaksi, yang mana pada tahapan ini guru mengajak santri untuk melaksanakan kegiatan dan santri bertanggungjawab terhadap kegiatan yang ada di pondok pesantren, (c) tahapan trans internalisasi, pada tahapan ini santri mampu mengamalkan nilai-nilai pancajiwa yang sudah di jelaskan oleh guru, nilai keikhlasan, kesederhanaan, ukhuwah islamiyah, kemandirian dan kebebasn. 2) Proses internalisasi nilai-nilai pancajiwa dalam menumbuhkan akhlak santri terhadap ilmu melalui beberapa tahapan yaitu: (a) tahap transformasi, guru menjelaskan terkait akhlak terhadap ilmu melalui kegiatan mengaji kitab Ta’limul al-Muta’alim dengan memuliakan kitab, (b) tahap transaksi, guru mengajak santrinya untuk melaksanakan kegiatan mengaji kitab Ta’limul al-Muta’alim dengan penuh kesadaran dan keikhlasan, (c) tahap trans internalisasi, Santri mengimplementasikan akhlak terhadap ilmu yaitu dengan memuliakan kitab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Saipul Bahri Sahama
Date Deposited: 12 Dec 2023 02:18
Last Modified: 12 Dec 2023 02:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30164

Actions (login required)

View Item View Item