Analisis Faktor_faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Syariah Untuk Berkarir Menjadi Akuntan Publik (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)

Diana, Fahiratul Siti Rukoyah (2023) Analisis Faktor_faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Syariah Untuk Berkarir Menjadi Akuntan Publik (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Diana Fahiratul S.R_E20193126_Akuntansi Syariah.pdf

Download (3MB)

Abstract

Peran akuntan publik adalah memberikan kepastian bahwa laporan keuangan yang diterbitkan tidak mengandung informasi yang menyesatkan. Namun, hingga saat ini minat terhadap profesi ini masih kurang terbuka sehingga menyebabkan menurunnya profesi akuntan publik.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1. Apakah gender berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk berkarir menjadi akuntan publik? 2. Apakah persepsi tentang profesi akuntan publik berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk berkarir menjadi akuntan publik? 3. Apakah pengakuan profesional berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk berkarir menjadi akuntan publik? 4. Apakah pertimbangan pasar kerja berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk berkarir menjadi akuntan publik? 5. Apakah gender, persepsi tentang profesi akuntan publik, pengakuan profesional, pertimbangan pasar kerja berpengaruh signifikan secara simultan terhadap minat mahasiswa untuk berkarir menjadi akuntan publik?
Tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui pengaruh gender, persepsi tentang profesi akuntan publik, pengakuan profesional dan pertimbangan pasar kerja terhadap minat mahasiswa akuntansi untukb berkarir menjadi akuntan publik.
Penelitian ini menggunakan metode eksplanatory research. Adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Analisis data diolah dengan IMB SPSS Statistic 25. Populasi yang digunakan sebanyak 274 mahasiswa dan sampel yang digunakan yaitu 165 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan analisis linier berganda dengan uji validitas, reabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dalam melakukan keabsahan data.
Hasil pengujian ini secara parsial menunjukkan bahwa: 1) Gender tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk berkarir menjadi akuntan publik dengan nilai t-hitung sebesar 0,353 < 1974 t-tabel, dengan nilai signifikasi 0,724 > 0,05. 2) Persepsi tentang profesi akuntan publik tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk berkarir menjadi akuntan publik dengan nilai t-hitung 1,560 < 1974 t-tabel, dengan nilai signifikasi t 0,121 > 0,05. 3) Pengakuan profesional berpengaruh terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk berkarir menjadi akuntan publik dengan nilai t-hitung 2,744 > 1974 t-tabel, dengan nilai signifikasi t 0,007 < 0,05. 4) Pertimbangan pasar kerja berpengaruh terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk berkarir menjadi akuntan publik dengan nilai t-hitung 4,689 > 1974 t-tabel, dengan nilai signifikasi t 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150102 Auditing and Accountability
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Diana Fahiratul Siti Rukoyah
Date Deposited: 12 Dec 2023 02:55
Last Modified: 12 Dec 2023 02:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30165

Actions (login required)

View Item View Item