Mananajemen Kelas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Siswa Tunanetra di SMPLB-A Bintoro Patrang Tahun Pelajaran 2017/2018.

Mahid, Shoutul Ingfana (2017) Mananajemen Kelas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Siswa Tunanetra di SMPLB-A Bintoro Patrang Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
Shoutul Ingfana Mahid_084 133 050.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan mempunyai peran penting dalam membentuk karakter bangsa dan memperbaiki kualitas manusia, khususnya pendidikan formal yang dilakukan di sekolah. Pendidikan akan berjalan sesuai dengan tujuan apabila di dalam pembelajaran tersebut menerapkan pengelolaan kelas yang baik. Manajemen kelas merupakan bagian yang sangat penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Ruang lingkup manajemen kelas meliputi pengelolaan siswa dan pengelolaan fasilitas. Pengelolaan kelas dimaksudkan untuk menciptakan dan mempertahankan suasana dan kondisi kelas yang kondusif sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar bagi setiap siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Pengelolaan Siswa Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Siswa Tunanetra di SMPLB-A Bintoro Patrang Jember Tahun Pelajaran 2017/2018?; (2) Bagaimana Pengelolaan Fasilitas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Siswa Tunanetra di SLB-A Bintoro Patrang Jember Tahun Pelajaran 2017-2018?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan Pengelolaan Siswa Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Siswa Tunanetra di SMPLB-A Bintoro Patrang Jember Tahun Pelajaran 2017/2018?; (2) untuk mendeskripsikan Bagaimana Pengelolaan Fasilitas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Siswa Tunanetra di SMPLB-A Bintoro Patrang Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan pemilihan subyek ini menggunakan purposive yang dalam teknisnya dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman. Langkah-langkah yang digunakan adalah koleksi data, Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Keabsahan datanya menggunakan metode validitas triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Pengelolaan Siswa Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Siswa Tunanetra ialah pembuatan kontrak belajar siswa, pendalaman karakter siswa, teguran secara langsung dan pemberian stimulus yang dapat merangsang minat belajar siswa.(2) Pengelolaan Fasilitas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Siswa Tunanetra ialah pengadaan jendela yang semuanya menggunakan kaca, penempatan ventilasi yang tepat agar udara mudah masuk dan keluar, ix pembentukan tempat duduk yang diserahkan langsung kepada setiap guru mata pelajaran tetapi lebih sering memakai bentuk U dan mengutamakan siswa yang memiliki tunanetra total yang duduk didepan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 12 Dec 2023 07:36
Last Modified: 12 Dec 2023 07:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30191

Actions (login required)

View Item View Item