Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Quran Pada Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatut Tholibin Kalibaru Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017.

Amaliyah, Zahrial Elok Fikril (2016) Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Quran Pada Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatut Tholibin Kalibaru Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
Zahrial Elok Fikril Amaliyah_084 121 285.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kesulitan belajar yang ditemui di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatut Tholibin terkait dengan proses pembelajaran khususnya mata pelajaran PAI adalah kesulitan belajar dalam hal membaca dan memahami al-Quran. Oleh karena itu pembelajaran Al-Quran dijadikan sebagai salah-satu bidang studi untuk membantu peserta didik dalam mengatasi kesulitan-kesulitan dalam membaca dan memahami al-Quran. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah peran guru sebagai pengajar dalam mengatasi kesulitan belajar membaca al- Quran? 2) Bagaimanakah peran guru sebagai pelatih dalam mengatasi kesulitan belajar membaca al-Quran? 3) Bagaimanakah peran guru sebagai pembimbing dalam mengatasi kesulitan belajar membaca al-Quran pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatut Tholibin Kalibaru Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan peran guru sebagai pengajar dalam mengatasi kesulitan belajar membaca al-Quran. 2) Mendeskripsikan peran guru sebagai pelatih dalam mengatasi kesulitan belajar membaca al-Quran.3) Mendeskripsikan peran guru sebagai pembimbing dalam mengatasi kesulitan belajar membaca al-Quran pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatut Tholibin Kalibaru Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017. Pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian lapangan. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data secara interaktif model Miles dan Huberman dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1) Peran guru sebagai pengajar di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatut Tholibin Kalibaru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca al-Quran yakni denganmemberikan pemahaman kepada peserta didik tentang ilmu tajwid, makhorijul huruf dan bacaan panjang pendek. Akan tetapi, pemberian pemahaman secara teoritis lebih sedikit dari pada praktek. 2) Guru sebagai pelatih di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatut Tholibin Kalibaruuntuk mengatasi kesulitan belajar membaca al-Quran yaknidengan melatih peserta didik membaca al-Quran dengan cara mengulang bacaan ayat dengan memperhatikan nilai-nilai tajwid dan makhorijul huruf serta bacaan panjang pendek. 3) Guru sebagai pembimbing di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatut Tholibin Kalibaru untuk mengatasi kesulitan belajar membaca al-Quran yakni dengan melakukan pendekatan dan pendampingan secara pribadi kepada peserta didik, serta memberikan motivasi kepada peserta didik agar tetap giat belajar membaca al- Quran baik di sekolah maupun di rumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 18 Dec 2023 00:39
Last Modified: 18 Dec 2023 00:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30364

Actions (login required)

View Item View Item