PENGUATAN KARAKTER GEMAR MEMBACA MELALUI GERAKAN LITERASI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 JEMBER

NADZOR, MOCHAMAD ZAIMUN (2023) PENGUATAN KARAKTER GEMAR MEMBACA MELALUI GERAKAN LITERASI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 JEMBER. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOCHAMAD ZAIMUN NADZOR_203206030033.pdf

Download (12MB)

Abstract

Mochamad Zaimun Nadzor, 2022, Penguatan Karakter Gemar Membaca Melalui Gerakan Literasi Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas KH. Achmad Shiddiq Jember. Pembimbing I : Prof. Dr. H. Mashudi, M.Pd, Pembimbing II: Dr. Khotibul Umam, M.A

Kata Kunci : Karakter, Gemar Membaca, Literasi.

Pembentukan karakter perlu adanya perhatian khusus dalam dunia pendidikan, terutamanya permasalahan karakter gemar membaca. Banyaknya peserta didik yang kurang rasa literat ketika lulus dari sekolah menjadikan generasi pemuda yang minim terhadap literasi. Sehingga perlu adanya penanaman dengan berbagai macam metode untuk mengatasi permasalahan karakter gemar membaca tersebut. Di MAN 2 Jember merupakan lembaga pedidikan yang berbasis keagamaan di daerah jember yang menerapkan sebuah program literasi madrasah dengan tujuannya yaitu untuk atau menanamkan karakter gemar membaca siswa.
Fokus dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana proses penguatan karakter gemar membaca pada tahap pembiasaan melalui Gerakan Literasi di MAN 2 Jember? 2. Bagaimana proses penguatan karakter gemar membaca pada tahap pengembangan melalui Gerakan Literasi di MAN 2 Jember? 3. Bagaiamana proses penguatan karakter gemar membaca pada tahap pembiasaan pembelajaran melalui Gerakan Literasi di MAN 2 Jember?
Tujuan penelitian : 1) Mendeskripsikan penguatan karakter gemar membaca pada tahap pembiasaan melalui Gerakan Literasi di MAN 2 Jember. 2) Mendeskripsikan penguatan karakter gemar membaca pada tahap pengembangan. melalui Gerakan Literasi di MAN 2 Jember 3) Mendeskripsikan penguatan karakter gemar membaca pada tahap pembelajaran melalui Gerakan Literasi di MAN 2 Jember.
Penelitian ini menggunakan teori karakter dari : Thomas Lickhona, Richard Kern dan marzuki. Sedangkan Literasi dari: Pengesti Widarti, Brian Ferguson dan Berrs. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis studi fenomenologi, penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling, sedangkan untuk pengumpulan datanya menggunakan obserasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan reduksi data, penyajian data dan verivikasi. Untuk pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan member check.
Hasil dari penelitian: 1) Kegiatan literasi pada pada tahap pembiasaan berupa membaca juz 30 setiap hari, membaca surat yasin pada hari jumat dan membaca asmaul husna untuk siswi yang halangan. 2) Kegiatan literasi pada tahap pengembangan di selenggarakan dengan ekstra kulikuler jurnalistik, tahfidz wajib dan adanya sarana pojok literasi. 3) Pada tahap pembelajaran guru menggunakan srtrategi, media dan sumber belajar yang berbasis literasi dan dalam pengembangan keprofesian pendidik di bidang literai dilaksanakan dengan mengikuti adanya worksop, pelatihan, diklat dan webinar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200516 Indonesian Literature
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MOCHAMAD ZAIMUN NADZOR
Date Deposited: 09 Jan 2024 00:21
Last Modified: 09 Jan 2024 00:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30404

Actions (login required)

View Item View Item