Analisis Keterampilan Argumentasi Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Pada Pembelajaran IPS Berbantuan Socio-Scientific Issue Materi Globalisasi Kelas 9 Di SMP Argopuro 1 Jember

Akbar, Fatahillah (2023) Analisis Keterampilan Argumentasi Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Pada Pembelajaran IPS Berbantuan Socio-Scientific Issue Materi Globalisasi Kelas 9 Di SMP Argopuro 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fatahillah Akbar_T20189034.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penyampaian atau pemaparan argumentasi siswa masih tergolong terbata�bata dalam mendeskripsikan materi tertentu dan sulit dalam memberi contoh
konkret. Keterampilan argumentasi siswa dapat menyusun ide dengan kata-kata,
data untuk dukung atau menantang gagasan, mempertahankan atau menjawab ide
orang lain.
Fokus penelitian ini adalah bagaimana kualitas argumentasi siswa kognitif
tinggi, kognitif sedang, dan kognitif rendah pada pembelajaran IPS berbantuan
sosio-scientific issue materi IPS globalisasi Kelas 9 di SMP Argopuro 1.
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kualitas argumentasi
siswa kognitif tinggi, kognitif sedang, dan kognitif rendah pada pembelajaran IPS
berbantuan sosio-scientific issue materi IPS globalisasi kelas 9 di SMP Argopuro
1.
Penelitiansini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Teknik purposive
sampling dan didapatkan 6 subjek siswa dengan 2 subjek kognitif tinggi, 2 subjek
kognitif sedang, dan 2 subjek kognitif rendah. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan triangulasi tes, observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan Miles dan
Huberman yaitu data collection, kondensasi data, data display, dan verification.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kognitif tinggi
mencapai level 3 keterampilan argumentasi yaitu kemampuan mengemukakan
klaim terbuka, memberikan penjelasan detail sebagai penjamin, memberikan
alasan logis dengan dukungan kuat, serta mencantumkan bukti atau data yang
akurat. Subjek juga bisa memberikan pandangan yang berlawanan dari sudut
pandang yang berbeda. Subjek kognitif sedang mencapai keterampilan
argumentasi pada level 3. Subjek mampu mengungkapkan argumen dengan klaim
yang terbuka, menjelaskan dengan rinci menggunakan penjamin(warrant),
memberikan alasan logis untuk mendukung argumen (backing), dan mampu
memberikan argumentasi dari dua sudut pandang(rebuttal). Namun, mereka
kurang memadai dalam menyertakan referensi yang akurat(data) untuk
memperkuat argumen dan kurang dalam mengembangkan argumen secara lebih
mendalam. Sedangkan, subjek kognitif rendah cenderung memiliki keterampilan
argumentasi yang terbatas. Subjek mampu menyampaikan argumen yang
sederhana dengan klaim yang terbuka dan penjelasan yang spesifik namun
terbatas (Warrant). Argumen tersebut lebih cenderung didasarkan pada
pengalaman pribadi daripada pengetahuan yang konkret, sehingga cenderung
untuk hanya mempertimbangkan satu sudut pandang tanpa memberikan
pertimbangan terhadap pandangan lain (rebuttal).

Kata Kunci : Keterampilan argumentasi, Socio-scientific Issue, Globalisasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160808 Sociology and Social Studies of Science and Technology
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Fatahillah Akbar
Date Deposited: 18 Dec 2023 03:19
Last Modified: 18 Dec 2023 03:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30416

Actions (login required)

View Item View Item