Implementasi Pembelajaran pada Program Keagamaan dalam Pengembangan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember

Khikmatul Maula, Nindia (2020) Implementasi Pembelajaran pada Program Keagamaan dalam Pengembangan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Nindia Khikmatul Maula_T20151088.pdf

Download (2MB)

Abstract

Madrasah Aliyah Program Keagamaan (MAPK) ada dalam rangka untuk mewujudkan peran madrasah aliyah sebagai lembaga yang kental dengan ilmu kegamaan. MAN 1 Jember ditunjuk sebagai salah satu proyek percontohan (pilot project) oleh Kemenag untuk menyelenggarakan program MAPK bersama sembilan madrasah aliyah lainnya di seluruh Indonesia. Tujuan MAPK untuk mengembangkan kecerdasan spiritual. Sumber kitab tambahan kajian perbandingan madzhab pada mata pelajaran ushul fikih dan kegiatan asrama lain dengan tenaga pendidik profesional dapat membantu peningkatan kecerdasan spiritual peserta didik. Namun, pada beberapa pendidik masih belum diimbangi dengan perencanaan yang matang sehingga membuat tujuan pembelajaran kurang tersampaikan dengan baik kepada peserta didik. Fokus penelitian skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran pada program keagamaan dalam peningkatan kecerdasan spiritual peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pada program keagamaan dalam peningkatan kecerdasan spiritual peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran pada program keagamaan dalam peningkatan kecerdasan spiritual peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember? Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian menggunakan rancangan studi kasus. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Milles and Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran guru mengadakan rapat program MAPK meliputi perangkat pembelajaran, sumber belajar dan program. Silabus MAPK masih mengikuti jurusan agama reguler disesuaikan kompetensi yang di harapkan pada kurikulum MAPK. RPP dibuat sendiri oleh guru namun pada sebagian guru masih belum menggunakan RPP dalam pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran, guru mengadakan koordinasi secara fleksibel terkait program yang telah berjalan dan penemuan-penemuan dilapangan. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan di lingkungan asrama MAPK. Pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru MAPK meliputi kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kegiatan pembelajaran menggunakan kitab kifayatul akhyar, bidayatul mujtahid agar peserta didik tidak terlalu fanatik dalam menanggapi suatu hukum. Kegiatan keasramaan terdapat kegiatan menghafal al-Quran yang dapat melatih siswa lebih bersabar, istiqomah dan yakin terhadap apa yang diusahakan. Pada program kegiatan di asrama terdapat kegiatan bahstul masa’il yang diadakan oleh guru sehingga dapat melatih rasa menghargai dan toleran. 3) Evaluasi pembelajaran, guru mengadakan rapat terkait program yang telah berjalan. evaluasi pembelajaran di MAPK meliputi tiga aspek yaitu penilaian kognitif, penilaian afektif dan penilaian psikomotorik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:31
Last Modified: 19 Dec 2023 02:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30516

Actions (login required)

View Item View Item