Manajemen pengelolaan wakaf produktif dalam meningkatkan Kemanfaatan harta wakaf(studi pada pondok pesantren baitul arqom)

Salsabila Amin, Fina Fathiya (2023) Manajemen pengelolaan wakaf produktif dalam meningkatkan Kemanfaatan harta wakaf(studi pada pondok pesantren baitul arqom). Undergraduate thesis, Universitas KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FINA FATHIYA SALSABILA AMIN_E20194041.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fina Fathiya Salsabila Amin, Dr. Ahmadiono, S.Ag., M.E.I 2023 : Manajemen
Pengelolaan Wakaf Produktif dalam Meningkatkan Kemanfaatan Harta Wakaf (Studi Pada Pondok Pesantren Baitul Arqom).

Kata Kunci : Manajemen, Wakaf produktif

Wakaf produktif adalah harta benda atau pokok tetap yang diwakafkan untuk dipergunakan dalam kegiatan produksi dan hasilnya disalurkan sesuai tujuan wakaf. Sedangkan Manajemen wakaf produktif adalah bagian dari memberdayakan aset ekonomi masyarakat yang ada dalam harta wakaf
Fokus penelitian pada penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Manajemen Wakaf Produktif dalam Meningkatkan Kemanfaatan Harta Wakaf di Pondok Pesantren Baitul Arqom. 2) Bagaimana Manfaat Harta Wakaf pada Pondok Pesantren Baitul Arqom.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui manajemen wakaf produktif dalam meningkatkan kemanfaatan harta wakaf pada Pondok Pesantren Baitul Arqom. 2) Untuk mengetahui manfaat harta wakaf pada Pondok Pesantren Baitul Arqom.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dengan metode tersebut peneliti dapat memahami fenomena yang ada di Pondok Pesantren Baitul Arqom.
Hasil dari penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa : 1) Manajemen pengelolaan wakaf produktif menerapkan fungsi manajemen. (Planning) menggunakan sistem ijarah(sewa), (organizing) pengelolaan wakaf produktif dikelola oleh yayasan dengan 4 lembaga, (actuanting) penghimpunan dana wakaf melalui 3 tahapan yang pertama menghimpun dana dari penyewa yang kedua menyimpan dana kedalam tabungan melalui bendahara umum dan yang ketiga pelaporan kepada setiap lembaga dalam bentuk rapat, (controlling) tidak ada pengawasan secara riil oleh yayasan, (evaluating) penyewaan tanah sawah wakaf harus memperhitungkan kebutuhan wakaf, lokasi pertanian yang akan disewa, jenis tanaman yang akan ditanam, jenis pupuk yang akan digunakan. 2) Pemanfaatan harta wakaf yang dikelola secara produktif di Pondok Pesantren Baitul Arqom telah terealisasikan dengan baik. Dengan dibuktikan 5 program yang telah dan masih dijalankan di Pondok Pesantren Baitul Arqom.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150301 Business Information Management (incl. Records, Knowledge and Information Management, and Intelligence)
Depositing User: Ms Fina Fathiya Salsabila Amin
Date Deposited: 19 Dec 2023 09:12
Last Modified: 19 Dec 2023 09:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30539

Actions (login required)

View Item View Item