Strategi Travel Haji dan Umroh Dalam Merekrut Jamaah Studi Kasus Pada PT Kamilah Wisata Muslim Jember

Audina, Naili (2023) Strategi Travel Haji dan Umroh Dalam Merekrut Jamaah Studi Kasus Pada PT Kamilah Wisata Muslim Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NAILI AUDINA _D20194002.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam ajaran Islam, seorang muslim memiliki landasan kepercayaan dan hukum yang didasarkan pada lima pilar utama yang dikenal sebagai rukun Islam. Salah satu pilar utama dari kelima pilar tersebut adalah Ibadah haji, sebuah ritual yang menuntut kematangan dalam beberapa aspek individu. Mereka yang berniat menjalankan rukun Islam ini harus memenuhi kriteria istitha’ah, mencakup aspek material, fisik, dan mental. PT. Kamilah Wisata Muslim adalah perusahaan pariwisata yaitu agen perjalanan yang mengkhususkan diri dalam mengatur perjalanan umroh dan haji. Badan ini telah mendapat izin resmi dari Kementerian Agama dan berdedikasi dalam memberikan bimbingan kepada jamaah haji, memastikan ibadahnya sesuai dengan Sunnah Nabi Muhammad SAW dengan penuh khidmat. Namun, PT. Kamilah Wisata Muslim Jember juga memerlukan strategi yang efektif dan tepat untuk mempertahankan kepercayaan masyarakat di sekitarnya serta memperluas pengenalan Travel PT. Kamilah Wisata Muslim ke masyarakat secara luas di tengah persaingan yang sengit.
Fokus utama dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana strategi PT. Kami Wisata Muslim Jember dalam merekrut jamaah? 2) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat dalam merekrut jamaah di PT. Kamilah Wisata Muslim Jember?. Penelitian ini bertujuan untuk mencapai tujuan sebagai berikut: 1) Untuk memperoleh pemahaman dan mendeskripsikan mengenai strategi yang digunakan oleh PT. Kamilah Wisata Muslim Jember dalam merekrut jamaah. 2) Untuk mengethui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam merekrut jamaah di PT. Kamilah Wisata Muslim Jember.
Metode penelitian ini bersifat kualitatif, khususnya menggunakan pendekatan penelitian deskriptif. Subyek penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling. Berbagai metode digunakan untuk pengumpulan data, seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi. di bidang analisis data yang digunakan yaitu menyederhanakan data, memfasilitasi pemahaman melalui pendekatan penyajian yang efektif, dan pada akhirnya memperoleh wawasan dan kesimpulan yang bermakna. Penelitian menjamin keaslian data melalui penerapan triangulasi yang melibatkan penggunaan banyak metode, sumber, dan waktu.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Kamilah Wisata Muslim Jember memiliki peluang dan kekuatan yang lebih besar dibandingkan kelemahan dan ancaman. Pengamatan tersebut dapat diperoleh dari analisis SWOT yang dilakukan, dimana perhitungannya menghasilkan hasil sebagai berikut: Kekuatan- Kelemahan = 4,50 - 3,45 = 1,05, dan Peluang - Ancaman = 4,45 - 3,95 = 0,50. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Kamilah Wisata Muslim Jember termasuk dalam Kuadran 1, yang menandakan perlunya menerapkan Strategi Pertumbuhan. Organisasi memiliki kondisi yang menguntungkan untuk memanfaatkan kemampuan internalnya, memanfaatkan prospek eksternal, mengatasi keterbatasan internal, dan memitigasi tantangan eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Nn Naili Audina
Date Deposited: 20 Dec 2023 00:43
Last Modified: 20 Dec 2023 00:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30559

Actions (login required)

View Item View Item