Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Sikap Sopan Santun Bagi Remaja Di Desa Jombang Jember

Ardhiansyah, Dhiki (2023) Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Sikap Sopan Santun Bagi Remaja Di Desa Jombang Jember. Undergraduate thesis, UIN Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DHIKI ARDHIANSYAH_D20183080.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dhiki Ardhiansyah, 2023: Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Sikap Sopan Dan Santun Bagi Remaja Di Desa Jombang Jember

Kata Kunci : Orang tua, Remaja, Sopan Santun

Masa remaja merupakan proses peralihan antara masa kanak-kanak dan dewasa terjadi pada usia 12-21 tahun. Penting bagi remaja untuk memilih teman dan sahabat yang tepat. Banyak dari remaja mengalami perilaku negatif karena salah memilih pergaulan, lingkungan yang tidak baik, dan kurangnya perhatian orang tua. Ditemukan fenomena pada permasalahan yang menunjukkan bahwa remaja di Desa Jombang-Jember memiliki masalah kurang sopan santun. Masalah yang terjadi di Desa Jombang-Jember pada 5 remaja dan 5 orang tua, permasalahan tersebut akan berpengaruh pada pandangan masyarakat yang menilai remaja tersebut tidak baik dan masyarakat juga akan muncul perasaan tidak nyaman ketika berinteraksi langsung dengan remaja tersebut. Untuk mengatasi masalah ini diperlukan peran dari orang tua dalam menumbuhkan sikap baik dan sopan santun dengan harapan remaja mampu mengatasi masalah.
Fokus penelitian skripsi ini adalah 1) Bagaiimana peran orang tua dalam meinumbuhkan siikap sopan santun bagii reimaja dii Deisa Jombang-Jeimbeir. 2) Apa saja faktor faktor hambatan yang dihadapi orang tua dalam meinumbuhkan siikap sopan santun bagii reimaja dii Deisa Jombang-Jeimbeir.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deiksriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan lokasi penelitian dii Desa Jombang, Kecamatan Jombang, Kabupatein Jember dan Subjek penelitian yang diambil adalah Remaja dan Orang Tua. Analisis data yang diperoleh dari lapangan dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang diperoleh dilapangan dengan menggunakan triangulasi sumber.
Hasil Penelitian ini menjelaskan bahwa; 1) Peran orang tua dalam menumbuhkan sikap sopan santun bagi remaja, meliputi : a) memiliki peran penting dalam membantu anaknya untuk mengembangkan sopan santun, memberikan pengetahuan yang baik, cara bersosialisasi dengan baik, menumbuhkan kesabaran dalam diri, dan menanamkan sikap maupun perilaku yang baik. b) memberikan arahan dan bimbingan yang tepat kepada anak-anak mereka tentang perilaku sopan santun. c) meimbeiriikan keiteiladanan deingan baiik keipada anak dalam beirtiingkah laku, siikap dan peiriilaku. d) memberikan perhatian penuh ketika anak sedang bercerita. e) menggali perasaan anak terhadap masalah yang dihadapinya agar dapat memberikan solusi yang tepat. 2) Faktor hambatan yang dihadapi oleh orang tua dalam menumbuhkan sikap sopan santun bagi remaja di Desa Jombang-Jember seperti kurangnya pemahaman dan pengalaman orang tua tentang pendidikan akhlak dan sopan santun, kurangnya pengawasan dan perhatian orang tua terhadap anak, tidak adanya konsistensi dalam memberikan arahan dan bimbingan, dan tidak adanya dukungan dari lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160801 Applied Sociology, Program Evaluation and Social Impact Assessment
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160804 Rural Sociology
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160805 Social Change
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mr Dhiki Ardhiansyah
Date Deposited: 20 Dec 2023 09:25
Last Modified: 20 Dec 2023 09:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30576

Actions (login required)

View Item View Item