Strategi Kebijakan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember

suhartatik, yulia (2023) Strategi Kebijakan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
YULIA SUHARTATIK_T20193017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Kepala Madrasah, Mutu Lulusan
Kepala madrasah sangat berperan dalam rangka meningkatkan mutu lulusan agar bisa terlaksana secara optimal sehingga dengan terlaksananya kegiatan pendidikan yang bermutu, diharapkan akan terbentuk citra yang positif dan support dari masyarakat yang baik di dunia pendidikan.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1)Bagaimana Perumusan Kebijakan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di MTs Negeri 2 Jember? 2)Bagaimana Implementasi Kebijakan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di MTs Negeri 2 Jember? 3)Bagaimana Evaluasi Kebijakan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di MTs Negeri 2 Jember? Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana strategi kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu Lulusan mulai dari perumusan, implementasi dan evaluasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1) kepala madrasah menyusun program Rencana Kerja Madrasah (RKM), Analisis SWOT, program khusus yang diterapkan literasi karya tulis ilmiah, SKS (Sistem Kredit Sekolah), dan kelas fullday mata pelajaran matematika, sains, bahasa dan tahfidz qur’an. 2) pelaksanaan imlementasinya madrasah menerapkan SKS (Sistem Kredit Semester) penerapan yang dilakukan oleh kepala madrasah yaitu menyusun materi ajar yang lebih mendalam dan kompleks, menunjang dalam hal fasilitas pembelajaran, untuk program literasi kepala madrasah mendatangkan narasumber yang sudah berpengalaman dalam bidang KTI, dan untuk kelas fullday kegiatan rutin dari senin-kamis pada jam 14.00 -16.00 WIB, kegiatan berupa hafalan, muroja’ah, dan sima’an. 3) Evaluasi strategi kebijakan kepala madrasah yaitu, Evaluasi dilakukan secara berkala dengan kepala madrasah terlibat secara langsung ke kelas untuk memantau proses pembelajaran dan evaluasi satu minggu sekali dan satu bulan sekali yakni meninjau program yang telah dilaksanakan dan kendala apa yang sedang dihadapi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Yulia Suhartatik
Date Deposited: 20 Dec 2023 07:33
Last Modified: 20 Dec 2023 07:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30632

Actions (login required)

View Item View Item