IMPLEMENTASI KAJIAN KITAB SYARAH HIKAM ASY-SYARQAWI DI MAJLIS TAKLIM MASJID AS-SIDDIQI TALANGSARI JEMBER

Qodir, Abdul (2023) IMPLEMENTASI KAJIAN KITAB SYARAH HIKAM ASY-SYARQAWI DI MAJLIS TAKLIM MASJID AS-SIDDIQI TALANGSARI JEMBER. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
TESIS ABDUL QODIR.pdf

Download (8MB)

Abstract

Abstrak

Qodir, Abdul, 2023. Implementasi Kajian Kitab Sharah Hikam Ash-Sharqawi Di Majlis Taklim Masjid As-Siddiqi Talangsari Jember. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. H. Syamsul Anam, S.Ag, M.Pd. Pembimbing II: Dr. H. Mas'ud, S.Ag. M.Pd.I

Kata Kunci : Implementasi, Kajian Kitab Sharah Hikam Ash-Sharqawi

Reinterpretasi dan kontekstualisasi nilai spiritual sufisme akan semakin bermakna bilamana ditampilkan pada tataran yang aplikatif dalam kehidupan bermasyarakat. Konsep ikhlas dan cinta misalnya, akan menjadi sarat makna apabila nilai sufistik ini diamalkan dalam seluruh aspek kehidupan sosial kemasyarakatan, baik dalam dunia politik, ekonomi, budaya, dan sebagainya.
Tujuan penelitian tesis ini adalah untuk; 1) Mendeskripsikan implementasi kajian Kitab Sharah Hikam Ash-Sharqawi di Majlis Taklim Masjid As-Siddiqi Talangsari Jember. 2) Mendeskripsikan nilai-nilai yang diajarkan dalam kajian Kitab Sharah Hikam Ash-Sharqawi di Majlis Taklim Masjid As-Siddiqi Talangsari Jember. 3) Mendeskripsikan hubungan nilai-nilai yang diajarkan dalam kajian Kitab Sharah Hikam Ash-Sharqawi di Majlis Taklim Masjid As-Siddiqi Talangsari Jember dengan kecerdasan social.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi parsitipatif untuk memaksimalkan peran peneliti, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan tehnik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kajian Kitab Sharah Hikam Ash-Sharqawi di Majlis Taklim Masjid As-Siddiqi Talangsari Jember yaitu: 1) sesuai dengan UUD no. 20 tahun 2023 pasal 1 ayat 12 tentang sintem Pendidikan, yaitu kajian tersebut adalah pendidikan non formal. Kajian tersebut dilaksanakan setiap hari Ahad. Kalam hikmah yang dibahas pada tiap pertemuan adalah satu kalam hikmah. Sebagai bentuk evaluasi, dilakukan diskusi sebelum kajian diakhiri. 2) Nilai-nilai yang diajarkan dalam kajian Kitab Sharah Hikam Ash-Sharqawi di Majlis Taklim Masjid As-Siddiqi Talangsari Jember ada dua yaitu hubugan antara manusia dengan allah atau hablum minallah dan hubungan manusia dengan manusia yang lain atau hablum minannas. Dengan melahirkan dua nilai ini kita tidak mudah menjustifikasi dengan hukum-hukum yang ada didalam tauhid seperti syirik, kufur. Dalam fikih juga demikian, ini haram, bidah. Akan tetapi bersikap lebih universal didalam memandang bahwa semua itu adalah hamba allah. 3) Nilai-nilai yang diajarkan tersebut memliki hubungan yang erat dengan kecerdasan sosial. Nilia-nilai tersebut bisa memberikan kesadaran pada seseorang terkait bagaimana seharusnya menjalin komunikasi, berhubungan dan berinteraksi dengan masyarakat di manapun dia berada. Dengan demikan tidak mudah untuk menilai orang lain, karena dia sibuk menilai diri sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Man perpustakaan uin Khas Jember
Date Deposited: 22 Dec 2023 07:12
Last Modified: 22 Dec 2023 07:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30766

Actions (login required)

View Item View Item