PEMBELAJARAN TAHFIDZ DAN TAHSIN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN AL QUR’AN PADA ANAK USIA DINI DI TPQ DARUL FURQON WULUHAN

Jainuri, Mohammad (2023) PEMBELAJARAN TAHFIDZ DAN TAHSIN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN AL QUR’AN PADA ANAK USIA DINI DI TPQ DARUL FURQON WULUHAN. Masters thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mohammad Jainuri_213206030048.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Mohammad Jainuri, 2023. Pembelajaran Tahfidz dan Tahsin dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Al Qur'an pada Anak Usia Dini di TPQ Darul Furqon Wuluhan.

Kata Kunci : Pembelajaran, Tahfidz dan Tahsin

Pembelajaran tahfidz al Qur'an memerlukan metode yang tepat agar dapat membantu, memudahkan peserta didik dalam proses menghafal terutama pada anak usia dini. Perencanaan, metode pembelajaran, dan seluruh aktifitas pembelajaran al Qur'an diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan. Dalam kegiatan menghafal al Qur'an di sekolah seorang guru mempunyai peranan penting terhadap keberhasilan siswa dalam hal menghafal al Qur'an dengan baik.
Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pembelajaran Tahfidz al Qur’an di TPQ Darul Furqon Wuluhan?, 2) Bagaimana pembelajaran Tahsin al Qiro’ah di TPQ Darul Furqon Wuluhan?, 3) Bagaimana Peran Guru Pembimbing dalam Pembelajaran Tahfidz al Qur'an dan Tahsin al Qiro'ah di TPQ Darul
Furqon Wuluhan dalam meningkatkan kemampuan hafalan al Qur'an pada anak usia dini?
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan Pembelajaran Tahfidz al Qur‟an dan Tahsin al Qiro‟ah di TPQ Darul Furqon Wuluhan., 2) Mendeskripsikan Pembelajaran Tahsin al Qiro‟ah di TPQ Darul Furqon Wuluhan., 3) Mendeskripsikan Peranan Guru Pembimbing dalam Pembelajaran
Tahfidz al Qur'an dan Tahsin al Qiro‟ah di TPQ Darul Furqon Wuluhan.
Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik penentuan subyek penelitian dilakukan secara purposive. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model Miles, Huberman, dan Saldana. Keabsahan data yang digunakan
adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Pembelajaran Tahfidz al Qur'an di TPQ Darul Furqon Wuluhan dikelola secara klasikal dan bertahap., 2) Pembelajaran Tahsin al Qiro'ah di TPQ Darul Furqon Wuluhan diterapkan pada program TPQ yakni program jenjang pertama sebelum program pra tahfidz dan pasca tahfidz., 3) Peranan Guru Pembimbing dalam Pembelajaran Tahfidz dan Tahsin dengan menerapkan berbagai upaya guna meningkatkan kualitas tahfidz al Qur’an serta guna meningkatkan kualitas tahsin al Qiro’ah di TPQ Darul Furqon Wuluhan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Mohammad Jainuri
Date Deposited: 05 Jan 2024 02:24
Last Modified: 05 Jan 2024 02:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30807

Actions (login required)

View Item View Item