Peran Guru IPS Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa di SMP Negeri 2 Ambulu Tahun Pelajaran 2022/2023

Puspita, Cahya (2023) Peran Guru IPS Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa di SMP Negeri 2 Ambulu Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
01_SKRIPSI_Cahya WM.pdf

Download (6MB)

Abstract

Cahya Puspita, 2023 : Peran Guru IPS Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa di SMP Negeri 2 Ambulu Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata-kata kunci : Keterampilan Sosial, Guru, Peserta Didik
Keterampilan sosial merupakan hal yang perlu dikuasai oleh peserta didik. Guru melalui sekolah membantu peserta didik untuk mengembangkan keterampilan sosial yang dimiliki oleh peserta didik. Sikap-sikap individualistis egoistis, acuh tak acuh., kurangnya rasa tanggung jawab, malas berkomunikasi dan beinteraksi menunjukkan adanya kehampaan nilai sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Sebagai makhluk sosial, individu dituntut untuk mampu mengatasi segala permasalahan yang timbul sebagai hasil dari interaksi sosial dengan lingkungan sosial. Oleh karena itu setiap individu dituntut untuk menguasai keterampilan-keterampilan sosial dan kemampuan penyesuaian diri terhadap lingkungan sekitarnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) peran guru IPS dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa di SMP Negeri 2 Ambulu (2) faktor pendorong dan faktor penghambat peran guru dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa di SMP Negeri 2 Ambulu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dengan pemilihan informan menggunakan purposive sampling, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 2 Ambulu menunjukkan bahwa: (1) peran guru IPS dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa yaitu: guru sebagai pendidik, guru sebagai pembimbing dan guru sebagai pengarah, guru menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) dan diskusi, guru memberikan kebebasan siswa dalam mengerjakan tugas, guru melakukan pendekatan kepada semua siswa tanpa berpihak kepada salah satu siswa saja (2) Faktor pendorong dan faktor penghambat peran guru dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa di SMP Negeri 2 Ambulu yaitu: lingkungan sekolah, lingkungan teman, dan lingkungan pendidikan diluar sekolah, motivasi dan dukungan orang tua serta keluarga, motivasi belajar tinggi yang dimiliki peserta didik. Sedangkan faktor penghambat antara lain: faktor dari dalam diri siswa, teknologi, kebiasaan dirumah, kebiasaan orang tua yang gemar membanding-bandingkan prestasi anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan sosial, guru, peserta didik
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1601 Anthropology > 160104 Social and Cultural Anthropology
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1604 Human Geography > 160403 Social and Cultural Geography
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
Depositing User: Cahya Puspita
Date Deposited: 22 Dec 2023 09:38
Last Modified: 22 Dec 2023 09:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30825

Actions (login required)

View Item View Item