Pengaruh Manajemen Waktu dan Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X IPA di SMA BIMA Ambulu Jember

Asmarista, Nur Afni (2023) Pengaruh Manajemen Waktu dan Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X IPA di SMA BIMA Ambulu Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NUR AFNI ASMARISTA_T20198115.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan merupakan suata hal yang penting bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk pribadi dan peradaban bangsa yang bermartabat demi mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan sebuah proses belajar yang nantinya akan didapatkan salah satunya yaitu hasil belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mendeskripsikan manajemen waktu belajar biologi siswa kelas X IPA di SMA BIMA Ambulu Jember, 2). Mendeskripsikan kedisiplinan belajar biologi siswa kelas X IPA di SMA BIMA Ambulu Jember, 3). Mendeskripsikan hasil belajar biologi siswa kelas X IPA di SMA BIMA Ambulu Jember, 4). Mengetahui pengaruh manajemen waktu dan kedisiplinan secara parsial terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X IPA di SMA BIMA Ambulu Jember, dan 5). Mengetahui pengaruh manajemen waktu dan kedisiplinan secara simultan terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X IPA di SMA BIMA Ambulu Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif yang dilakukan di SMA BIMA Ambulu Jember. Analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi linier berganda karena terdapat 3 variabel. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas X IPA yang berjumlah 165 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan didapatkan jumlah sampel 117 siswa. Dan teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner.
Hasil penelitian ini yaitu 1). Manajemen waktu siswa kelas X IPA SMA BIMA Ambulu Jember dengan 0% kategori sangat tinggi, 5,98% kategori tinggi, 59,83% kategori sedang, 34,19% kategori rendah, dan 0% kategori sangat rendah, 2). Kedisiplinan siswa kelas X IPA SMA BIMA Ambulu Jember dengan 0% kategori sangat tinggi, 33,33% kategori tinggi, 64,10% kategori sedang, 2,56% kategori rendah, dan 0% kategori sangat rendah, 3). Hasil belajar biologi siswa kelas X IPA SMA BIMA Ambulu Jember dengan 5,13% kategori sangat baik, 94,87% kategori baik, dan 0% pada kategori cukup, kurang, dan sangat kurang, 4). Manajemen waktu dan kedisiplinan secara individu (parsial) pada siswa kelas X IPA SMA BIMA Ambulu Jember terdapat pengaruh terhadap hasil belajar biologi. Hal ini dapat dilihat dari nilai t variabel X1 (Manajemen Waktu) nilai thitung 2,948 > ttabel 1,98 dengan nilai taraf signifikansi yaitu 0,004 < 0,05. Dan pada variabel X2 (Kedisiplinan) nilai thitung 5,396 > ttabel 1,98 dengan nilai taraf signifikansi yaitu 0,000 < 0,05, dan 5). Manajemen waktu dan kedisiplinan secara bersama-sama (simultan) pada siswa kelas X IPA SMA BIMA Ambulu Jember terdapat pengaruh terhadap hasil belajar biologi. Hal ini dapat dilihat dari nilai fhitung 39,213 > ftabel 3,08 dengan taraf signifikansi 0,00 < 0,005.

Kata kunci: hasil belajar, kedisiplinan, manajemen waktu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Nur Afni Asmarista
Date Deposited: 27 Dec 2023 06:40
Last Modified: 27 Dec 2023 06:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30964

Actions (login required)

View Item View Item