Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama terhadap Santri di Ma'had Aly Nurul Jadid Probolinggo

Arifin, Sulton (2023) Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama terhadap Santri di Ma'had Aly Nurul Jadid Probolinggo. Masters thesis, Universitas Islam Negeri kiai Haji Achmad Siddiq jember.

[img] Text
Sulton_213206030018.pdf

Download (15MB)

Abstract

Kata Kunci: Internalisasi, Nilai-Nilai Moderasi Beragama
internalisasi adalah menyatunya nilai dalam diri seorang, atau dalam bahasa psikologi merupakan penyesuaian nilai, sikap, keyakinan, aturan- aturan pada diri seorang, Moderasi beragama merupakan sebuah jalan tengah di tengah keberagaman agama di Indonesia. Moderasi merupakan budaya Nusantara yang berjalan seiring, dan tidak saling menegasikan antara agama dan kearifan lokal (local wisdom). Tidak saling mempertentangkan namun mencari penyelesaian dengan toleran, sehingga dapat di pahami dalam judul ini adalah upaya penanaman nilai nilai moderasi dalam beragama terhadap Santri di Ma’had Aly Nurul Jadid Probolinggo.
Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses internalisasi nilai Tawassuth dalam pembelajaran di Ma’had Aly Nurul Jadid Probolinggo? (2) Bagaimana proses internalisasi nilai Tasamuh dalam pembelajaran di Ma’had Aly Nurul Jadid Probolinggo?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan skunder. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman & Johnny Saldana yakni data condensation, data display dan drawing and verifying conclusions. Keabsahan data menggunakan credibility, Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis proses internalisasi nilai Tawassuth dan Tasamuh dalam pembelajaran di Ma’had Aly Nurul Jadid Probolinggo secara terperinci dan jelas.
Hasil dari penelitian ini yaitu mengungkapkan bahwa transaksi nilai tawassuth dilakukan dengan insersi kurikulum, transformasi nilai tawassuth dengan integrasi kelimuan, dan transinternalisasi nilai tawassuth di lakukan pada saat BMS dan PKM. Selanjutnya transformasi nilai tasamuh dilakukan melalui Forum Kajian kitab Ma’had Aly (FK2M), transformasi nilai tasamuh melalui Annawawi centre dan transinternalisasi nilai tasamuh melalui asrama Ma’had Aly yang ada di Pondok pesantren Nurul Jadid Probolinggo.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Sulton Arifin
Date Deposited: 28 Dec 2023 03:50
Last Modified: 28 Dec 2023 03:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30987

Actions (login required)

View Item View Item