Penerapan Komunikasi Islam Sales Marketing Dalam Membantu Penjualan Mobil Honda Di PT ISTANA MOBIL RODA MAS (Honda Istana Jember)

Aprilian, Rio Rizki Aprilian (2023) Penerapan Komunikasi Islam Sales Marketing Dalam Membantu Penjualan Mobil Honda Di PT ISTANA MOBIL RODA MAS (Honda Istana Jember). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rio Rizki Aprilian_D20191048.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rio Rizki Aprilian, 2023 : “Penerapan Komunikasi Islam Sales Marketing Dalam Membantu Penjualan Mobil Honda Di Pt Istana Mobil Roda Mas (Honda Istana Jember)”.
Kata Kunci : Komunikasi Islam, Sales Marketing, Penjualan Mobil
Berawal dari pemikiran bahwa komunikasi menjadi suatu hal yang utama dan penting dalam suatu entitas bersosial sebagai manusia untuk saling berhubungan dan berinteraksi dengan perilaku manusia. Komunikasi Islam telah memberikan suatu hal dalam hal berkomunikasi yang dijalin secara efektif guna menyampaikan suatu pesan dari komunikator terhadap komunikan dengan suatu cara yang telah disusun dalam konsep komunikasi berdasarkan tuntunan Al-Quran dan hadis. Seorang sales marketing diminta menjadi penasihat dalam pemasaran suatu produk atau jasa dan bertanggung jawab untuk memasarkan produk atau jasa tersebut kepada konsumen. Tujuan utama seorang sales marketing adalah untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran. Dalam skala besar brand dibidang otomotif Honda merupakan salah satu diantara banyaknya kompetitor brand mobil yang dalam hal ini terbukti menjadi raksasa dengan sejarah panjang dan pionir merek mobil di Indonesia. PT Istana Mobil Roda Mas (Honda Istana Jember) yang dalam hal ini menjadi kepemilikan tunggal dan sudah resmi menjadi pemegang merek mobil Honda di 4 kabupaten antara lain Jember, Lumajang, Bondowoso dan Situbondo.
Adapun fokus penelitian ini adalah bagaimana penerapan komunikasi Islam yang dilakukan sales marketing dalam membantu penjualan mobil Honda dan bagaimana komunikasi yang sesuai dengan nilai-nilai Islam ketika berkomunikasi dengan konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan komunikasi Islam yang dilakukan Sales marketing Honda Istana Jember dalam membantu penjualan mobil Honda dan untuk mengetahui Komunikasi Islam yang sesuai dengan nilai-nilai Islam ketika berkomunikasi dengan konsumen.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan observasi dan wawancara mendalam dengan tim marketing yakni supervisor dan tim sales consultant, serta konsumen yang pernah melakukan pembelian mobil di dealer tersebut.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa sales marketing secara konsisten menerapkan nilai-nilai Islam, terutama kejujuran, kesopanan, dan sikap ramah, dalam berkomunikasi dengan konsumen. Strategi ini melibatkan pendekatan inklusif terhadap semua lapisan masyarakat, tanpa memandang perbedaan agama. Selain itu, penelitian ini juga mengevaluasi respons konsumen terhadap penerapan Komunikasi Islam dalam pembelian mobil Honda. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa penerapan Komunikasi Islam memiliki dampak positif pada hubungan antara sales marketing dan konsumen, menciptakan citra positif terhadap dealer, dan meningkatkan kepercayaan konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Rio Rio Rizki Aprilian
Date Deposited: 27 Dec 2023 03:50
Last Modified: 27 Dec 2023 03:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30995

Actions (login required)

View Item View Item