دلالة كلمة نساء في القران الكريم

BAKAR, ABU (2023) دلالة كلمة نساء في القران الكريم. Undergraduate thesis, Ushuluddin Adab dan Humaniora Bahasa dan Sastra Arab.

[img] Text
WATERMARK_ABU BAKAR.pdf

Download (12MB)

Abstract

Kata Kunci : Nisa, Ilmu ad-Dalalah, al-Musytarak al-Lafdz
Al-Qur’an adalah sumber dari segala keilmuan, serta sumber hakikat yang tidak akan pernah pernah berubah, serta sumber rujukan para ulama’, selain itu para fuqaha’ dan ulama’ ushul menjadikan al-Qur’an sebagai sumber rujukan utamannya dalam memahami hukum-hukum syari’at Allah, serta para ulama’ kebahasaan juga menjadikannya sumber rujukan untuk mengungkap kemu’jizatan al-Qur’an. Dan dari semua aspek tersebut telah menghasilkan khazanah keilmuan yang sedemikian luasnya. Akan tetapi, dalam al-Qur’an terdapat banyak sekali lafadz-lafadz yang digolongkan sebagai lafadz Musytarak, yaitu satu kata yang memiliki dua makna atau lebih. Diantara lafadz musytarak yang ada dalam al-Qur’an adalah kata Nisa yang oleh para penafsir al-Qur’an memiliki makna yang beraneka ragam. Berdasarkan pada hal tersebut, maka penulis mencoba untuk menganalisa dan menyingkap makna kata Nisa dengan menggunakan pendekatan semantik.
Berdasarkan pada hipotesis tersebut, maka penulis mencoba untuk melakukan kajian ini berdasarkan beberapa pertanyaan guna menmbah ketelitian dan meningkatkan fokus kajian dalam penelitian ini. Adapun masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah : terdapat di ayat-ayat mana saja kata Nisa dalam al-Qur’an? Apa saja makna dari kata Nisa dalam ayat-ayat tersebut? Bagaimana menganalisis makna kata Nisa dalam al-Qur’an secara ilmu dalalah?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif interpretatif dalam penelitiannya, selain itu, dalam melakukan pengumpulan datanya penelitian ini menggunakan metode Library Reseach yang menitik beratkan pada pembacaan atas teks-teks tertulis dan tidak berpijak pada data-data statistik. Sedangkan untuk analisa data yang telah didapatkan, peneliti menggunakan pendekatan analisa semantik yang berfokus pada kajian tentang makna.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa kata Nisa dalam al-Qur’an terdapat dalam dua puluh lima ayat. Dari kedua puluh lima ayat tersebut kata Nisa dapat digolongkan berdasarkan maknanya menjadi tiga kelompok, yaitu kata Nisa bermakna perempuan, istri dan anak. Keanekaragaman makna atas kata Nisa tersebut terjadi karena faktor polisemi (al-Musytarak al-Lafdz). Makna itu muncul disebabkan karena pengaruh penggunaan lafadz serta konteks kalimatnya. Dan adapun di dalam ilmu Dalalah terdapat empat macamnya yaitu Dalalah Nahwiyyah, Sharfiyyah, Shautiyyah dan Siyaqiyyah. Kata Nisa akan ditentukan oleh peneliti, seperti apa kedudukan dan maksud makna kata Nisa tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: ABU BAKAR ABU BAKAR
Date Deposited: 27 Dec 2023 06:33
Last Modified: 27 Dec 2023 06:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31027

Actions (login required)

View Item View Item