Gaya Komunikasi Anwar Zahid Dalam Menyampaikan Pesan Dakwah Di Anza Channel YouTube

Maula, Ismatul (2023) Gaya Komunikasi Anwar Zahid Dalam Menyampaikan Pesan Dakwah Di Anza Channel YouTube. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text
Ismatul Maula_D20191012.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Gaya Komunikasi dan Pesan Dakwah
Dakwah islamiah termasuk kedalam upaya komunikasi yang bertujuan untuk
meyakinkan masyarakat tentang kebenaran islam dan dalam mempengaruhi mereka
untuk mengikutinya dan belajar lebih banyak tentang agama. Setiap orang berbicara
dengan cara yang berbeda dan dengan gaya komunikasi yang berbeda. Seorang da‟i
harus memutuskan terlebih dahulu seperti apa gaya komunikasinya ketika berbicara,
untuk menjamin pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh mad‟u.
berusaha menyesuaikan gaya yang disukai mad‟u. KH. Anwar Zahid mampu
menyesuaikan tantangan metode dakwah yang semakin berkembang. Melihat dari
latar belakang beliau yang dilahirkan dari pesantren dan bukan orang yang berasal
dari generasi milenial, akan tetapi beliau mampu bertahan ditengah kondisi
persaingan para penceramah. Beliau mampu menyesuaikan gaya dakwahnya dengan
tantangan zaman sekarang yang disesuaikan dengan kemunculan teknologi baru.
Ketersediaan konten dakwah di YouTube dapat menjadi contoh bagi umat islam
lainnya untuk lebih kreatif memanfaatkan teknologi. Salah satu contohnya adalah
kemampuan memanfaatkan YouTube sebagai wadah dakwah dan menyebarkan
kebajikan yang sejalan dengan ajaran islam.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana gaya komunikasi
Anwar Zahid dalam menyampaikan pesan dakwah di Anza Channel YouTube. 2)
Apa pesan dakwah yang dikomunikasikan oleh Anwar Zahid di Anza Channel
YouTube.
Tujuan penelitian ini, yaitu: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan gaya
komunikasi Anwar Zahid dalam menyampaikan pesan dakwah di Anza channel
YouTube. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pesan dakwah yang
dikomunikasikan oleh Anwar Zahid di Anza channel YouTube.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Subjek video YouTube Anza Channel KH. Anwar Zahid.
Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik
analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis konten. Dan keabsahan data
dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini, yakni sebagai berikut: Gaya komunikasi Anwar Zahid,
1) Terbuka, sikap terbuka yang dibawakan oleh KH. Anwar Zahid agar dakwahnya
berhasil. 2) Meninggalkan Kesan, KH. Anwar Zahid mampu meninggalkan kesan
lucu dan unik pada mad‟u. 3) Friendly, KH. Anwar Zahid merupakan sosok
pendakwah yang mudah akrab dengan mad‟u. 4) Penuh Perhatian, KH. Anwar Zahid
seorang pelaku dakwah yang senantiasa mendengarkan keluh kesah para mad‟unya
ketika berdakwah. Pesan-pesan yang disampaikan oleh KH. Anwar Zahid yakni
Aqidah, Syariah dan Akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Maula Ismatul
Date Deposited: 27 Dec 2023 07:29
Last Modified: 27 Dec 2023 07:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31057

Actions (login required)

View Item View Item