Pengaruh Religiusitas, Citra Lembaga, Brand Awareness, Transparansi, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembayaran Zakat dan Donasi Melalui Platform Digital BAZNAS di Kabupaten Jember

Niha, Aushofun (2023) Pengaruh Religiusitas, Citra Lembaga, Brand Awareness, Transparansi, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembayaran Zakat dan Donasi Melalui Platform Digital BAZNAS di Kabupaten Jember. Masters thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
AUSHOFUN NIHA_203206060006.pdf

Download (9MB)

Abstract

Masyarakat yang sudah tak asing dengan dunia teknologi menjadi lebih mudah dalam melakukan pembayaran digital termasuk pembayaran zakat dan donasi. Kehidupan modern yang selalu terikat dengan teknologi ini dimanfaatkan dengan baik oleh lembaga pengelola zakat dalam menghimpun, mengelola dan mendistribusikan zakat dan donasi. Lembaga pengelola zakat memiliki peranan penting dalam mengatasi kemiskinan di Indonesia mengingat penduduknya mayoritas beragama Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris variabel-variabel dalam penelitian yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah, yaitu apakah terdapat penguruh antara Religiusitas (X1), Citra Lembaga (X2), Brand Awareness (X3), Transparansi (X4), dan Kepercayaan (X5) Terhadap Keputusan Pembayaran Zakat dan Donasi (Y) Melalui Platform Digital BAZNAS di Kabupaten Jember baik secara parsial dan simultan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode accidental sampling sebanyak 125 muzakki Baznas di Kabupaten Jember. Analisis yang dilakukan menggunakan analisis regresi linier berganda. Uji hipotesis dilakukan dengan bantuan software Statistical Package for the Sciences (SPSS) versi 25.
Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh Religiusitas terhadap Keputusan Pembayaran Zakat dan Donasi adalah positif dan tidak signifikan, dengan koefisien regresi variabel sebesar 12,6%. Pengaruh Citra Lembaga terhadap Keputusan Pembayaran Zakat dan Donasi adalah positif dan tidak signifikan, dengan koefisien regresi variabel sebesar 7,1%. Pengaruh Brand Awareness terhadap Keputusan Pembayaran Zakat dan Donasi adalah positif signifikan, dengan koefisien regresi variabel sebesar 19%. Pengaruh Transparansi terhadap Keputusan Pembayaran Zakat dan Donasi adalah positif signifikan, dengan koefisien regresi variabel sebesar 27,9%. Pengaruh Kepercayaan terhadap Keputusan Pembayaran Zakat dan Donasi adalah positif signifikan, dengan koefisien regresi variabel sebesar 27,6%. Sedangkan pengaruh religiusitas, citra lembaga, brand awareness, transparansi dan kepercayaan secara simultan terhadap keputusan pembayaran zakat dan donasi melalui platform digital Baznas di Kabupaten Jember adalah signifikan, dengan nilai F hitung ≥ F tabel (25,354 ≥ 2,29).
Kata Kunci : Religiusitas, Keputusan Pembayaran Zakat dan Donasi, Platform Digital.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms. Aushofun Niha
Date Deposited: 27 Dec 2023 08:26
Last Modified: 27 Dec 2023 08:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31114

Actions (login required)

View Item View Item