Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipbook pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas II di MI Muhammadiyah 04 Ampel Wuluhan Jember.

Nor Rosyidah, Rohimawati (2023) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipbook pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas II di MI Muhammadiyah 04 Ampel Wuluhan Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ROHIMAWATI NOR ROSYIDAH_T20194112-1_compressed.pdf

Download (6MB)

Abstract

Di era milenial ini, guru harus bisa membaca situasi dan siap siaga jika menemui sumber belajar yan populer dan media pembelajaran melalui siswa. Guru di MI Muhammadiyah 04 Ampel Wuluhan Jember masih mengandalkan penggunaan buku teks serta LKS saja, membuat sebagian siswa bosan dan jenuh dengan penyampaian materi yang masih monoton. Maka dari itu sekolah MI Muhammadiyah 04 Ampel Wuluhan Jember memerlukan dikembangkannya bahan ajar yang interaktif kemudian dikembangkan untuk membantu proses pembelajaran yang lebih inovatif dan merangsang semangat belajar siswa agar efektif.
Penelitian pengambangan ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kevalidan bahan ajar berbasis flipbook pada mata pelajaran bahasa indonesia untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas II di MI Muhammadiyah 04 Ampel Wuluhan Jember, 2) mendeskripsikan kepraktisan bahan ajar berbasis flipbook pada mata pelajaran bahasa indonesia untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas II di MI Muhammadiyah 04 Ampel Wuluhan Jember, 3) mengetahui efektifitas pengembangan bahan ajar berbasis flipbook pada mata pelajaran bahasa indonesia untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas II di MI Muhammadiyah 04 Ampel Wuluhan Jember.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model yang dikembangkan oleh Robert Maribel Brach yaitu ADDIE yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Subjek dari penelitian ini merupakan angket penilaian yang dilakukan oleh validator ahli (media, materi dan bahasa) dengan menggunakan angket validasi, dan angket ahli pengguna (guru kelas) serta angket respon siswa terhadap bahan ajar berbasis flipbook.
Menurut hasil penelitian dan pengembangan ini memperoleh presentase dari ahli diantaranya: 1) ahli materi sebesar 97,8%, 2) ahli media sebesar 98,6%, 3) pengguna (guru kelas) sebesar 97,6%, 4) dan presentase nilai efektivitas oleh hasil pretest dan post-test siswa sebesar 69%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis flipbook yang dikembangkan dapat dikategorikan sangat valid sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Rohimawati Nor Rosyidah
Date Deposited: 27 Dec 2023 08:54
Last Modified: 27 Dec 2023 08:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31126

Actions (login required)

View Item View Item