Strategi pemasaran produk tabungan dalam meningkatkan jumlah nasabah di Bank Woori Saudara Indonesia Kantor Cabang Jember

Ulin Nuha, Sulva (2023) Strategi pemasaran produk tabungan dalam meningkatkan jumlah nasabah di Bank Woori Saudara Indonesia Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI SULVA (DIGILIB).pdf

Download (4MB)

Abstract

Strategi pemasaran adalah upaya memasarkan suatu produk, dengan menggunakan rencana dan taktik tertentu agar jumlah penjualannya meningkat. Pengertian strategi pemasaran juga dapat diartikan sebagai serangkaian upaya yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk mencapai suatu tujuan tertentu, karena kemungkinan menjual suatu penawaran terbatas pada jumlah orang yang mengetahuinya. Strategi pemasaran penting bagi setiap perusahaan terutama bagi para pemula. Tujuan dari strategi pemasaran adalah untuk menentukan dan mencapai tujuan organisasi dan mengimplementasikan misinya. Strategi pemasaran bisa berguna dengan optimal jika didukung dengan perencanaan yang terstuktur dengan baik secara internal maupun eksternal. Strategi pemasaran yang sering kali diterapkan oleh perusahaan maupun perbankan adalah Bauran Pemasaran (Marketing Mix). Sebagai salah satu lembaga keuangan yang ada di Indonesia, Bank Woori Saudara Kantor Cabang Jember memiliki juga memiliki strategi pemasaran produk tabungan dalam meningkatkan jumlah nasabahnya.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Strategi Pemasaran yang dilakukan oleh Bank Woori Saudara Kantor Cabang Jember? 2) Apa saja hambatan serta solusi terhadap strategi pemasaran yang diilakukan oleh Bank Woori Saudara Kantor Cabang Jember dalam meningkatkan jumlah nasabahnya?
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh Bank Woori Saudara Kantor Cabang Jember. 2) Untuk mengetahui hambatan serta solusi terhadap strategi pemasaran yang dilakukan oleh Bank Woori Saudara Kantor Cabang Jember dalam meningkatkan jumlah nasabah.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis deskriptif. Metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan triangulasi yaitu triangulasi sumber, teknik, dan waktu.
Hasil dari penelitian tersebut adalah: 1) Strategi pemasaran produk tabungan dalam meningkatkan jumlah nasabah di Bank Woori Saudara Kantor Cabang Jember dilakukan dengan bauran pemasaran 7P yaitu product (produk) beberapa produk tabungan yang ditawarkan oleh Bank Woori ialah Tabungan Cerdas, Tabungan Harian, dan Tabungan Pensiun, place (tempat) lokasi Bank Woori sangat strategi yakni terletak di pinggir jalan raya, price (harga) harga yang ditawarkan cukup rendah daripada bank lain, promotion (promosi) Cara promosinya seperti bersosialisasi di sekolah, kantor ketenagakerjaan, dan pasar-pasar, people (orang) Karyawan Bank Woori menerapkan sikap ramah agar nasabah merasa puas, process (proses) Proses pembukaan rekening akan di bombing oleh Customer Service atau karyawan lainnya hingga selesai, dan physical evidence (bukti fisik) Bank Woori menyediakan alat fisik berupa ATM, Buku Tabungan, Mobile Banking, Kantor yang rapi, Banner, Brosur, dan alat fisik lainnya. 2) Hambatan strategi pemasaran yaitu kurangnya pengetahuan dari masyarakat tentang produk apa saja yang ditawarkan di bank Woori Saudara Kantor Cabang Jember serta solusinya yakni Bank Woori Saudara Kantor Cabang Jember harus lebih meningkatkan sosialisasi agar masyarakat mengetahui produk Bank Woori Saudara Kantor Cabang Jember.
Kata Kunci : strategi pemasaran, produk, tabungan, Bank Woori Saudara Kantor Cabang Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Sulva Ulin Nuha
Date Deposited: 02 Jan 2024 03:23
Last Modified: 02 Jan 2024 03:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31157

Actions (login required)

View Item View Item