Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Manbaul Ulum Wonosari Bondowoso

Rochmaniah, Siti (2023) Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Manbaul Ulum Wonosari Bondowoso. Masters thesis, UIN kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
TESIS ROHMSNIA watermarx.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Rochmaniah, Siti, 2023 Manajemen Pembiayaan Pendidikan Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Manbaul Ulum Wonosari Bondowoso. Program Studi manajemen Pendidikan Isalam Pascasarjana UIN KHAS Jember, Pembimbing 1) Dr. H. Zainuddin Al Haj Zaini, Lc, M.Pd.I. 2) Dr. Zainal Abidin, S.Pd.I, M.S.I
Kata Kunci : Manajemen Pembiayaan pendidikan, Kinerja Guru
Pembiayaan pendidikan merupakan salah satu kompenen penting dalam penyelegaraan pendidikan. dan merupakan kajian yang tidak terpisahkan dalam manajemen pembiayaan tidak ada kegiatan pendidikan yang dapat mengabaikan peranan keuangan ataupun pembiayaan. Karena tanpa adanya pembiayaan pendidikan maka proses pembelajaran tidak dapat berjalan secara optimal. Oleh karena itu dapat dikatan bahwa pembiayaan menajadi salah satu masalah sentral dalam pengelolaan kegiatan pendidikan.
Fokus penelitian ini: 1.Bagaimana perencanaan pembiayaan dalam meningkatkan kinerja guru di MA Manbaul Ulum Wonosari Bondowoso? 2. Bagaimana sumber pendapatan dan realisasi pembiayaan dalam meningkatkan kinerja guru di MA Manbaul Ulum Wonosari Bondowoso?. 3. Bagaimana audit pembiayaan dalam meningkatkan kinerja guru di MA Manbaul Ulum Wonosari Bondowoso?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini study kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan subyek menggunakan purposive, sumber data berupa informan, kegiatan dan dokumen, analisis data menggunakan kondensasi data, pemaparan data, penarikan dan verifikasi kesimpulan, uji keabsahan data dengan mengguanakan triangulasi sumber, triangulasi tehnik dan pengecekan anggota (member cek).
Hasil penelitian ini terkait manajemen pembiayaan pendidikan di MA Manbaul Ulum Wonosari Bondowoso dalam meningkatkan kinerja guru menunjukan bahwa: 1. Perencanaan pembiayaan pendidikan 2. Pendapatan dan realisasi anggaran pembiayaan pendidikan 3. Auditing (Evaluasi Pembiayaan). Perencanaan pembiayaan di Madrasah Aliyah Manbaul Ulum yang disepakati oleh kepala Madrasah dan berkoordinasi bersama seluruh jajaran madrasah. Merumuskan program Madrasah. sumber pendapatan dan realisasi pembiayaan dituangkan dalam rencana anggaran pendapatan dan biaya madrasah (RAPBM) yang merupakan anggaran menyeluruh yang diperoleh madrasah baik itu dari BOS, Yayasan, Infaq siswa dan bantuan lainnya. Kemudian Realisasi pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan kinerja guru dengan diadakannya pelatihan guru, seminar, serta gerakan guru membaca. Audit atau evaluasi yang ada yaitu terdapat dua bentuk, audit internal dan audit eksternal yang dilakukan oleh yayasan meliputi audit bulanan dan tahunan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: SR Siti Rochmaniah
Date Deposited: 28 Dec 2023 07:31
Last Modified: 28 Dec 2023 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31184

Actions (login required)

View Item View Item