STRATEGI INOVASI DALAM MEMAKSIMALKAN JUMLAH PRODUKSI BATIK MANGGUR DI KOTA PROBOLINGGO

Khusnul, Khotimah (2023) STRATEGI INOVASI DALAM MEMAKSIMALKAN JUMLAH PRODUKSI BATIK MANGGUR DI KOTA PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi hotim watermak.pdf

Download (17MB)

Abstract

Khusnul Khotimah, Muhammad Saiful Anam S.Ag., M.Ag. 2023: Strategi
Inovasi Dalam Memaksimalkan Jumlah Produksi Batik Manggur Di Kota
Probolinggo.

Batik adalah corak atau gambar pada kain yang pembuatannya secara
khusus dengan menerankan malam kemudian pengolahannya diproses dengan
cara tertentu. Batik merupakan salah satu karya seni budaya bangsa Indonesia
yang dikagumi dunia dan patut dilestarikan keberadaannya serta dibudidayakan
secara maksimal, dan batik merupakan industri kerajinan yang merupakan usaha
turun temurun dari generasi ke generasi.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana strategi inovasi
dalam memaksimalkan jumlah produksi batik manggur di Kota Probolinggo? 2)
Apa kendala inovasi dalam memaksimalkan jumlah produksi batik manggur di
Kota Probolinggo? 3) Bagaimana cara mengatasi kendala inovasi dalam
memaksimalkan jumlah produksi batik manggur di Kota Probolinggo?
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui strategi inovasi
dalam memaksimalkan jumlah produksi batik manggur di Kota Probolinggo. 2)
Untuk mengetahui kendala inovasi dalam memaksimalkan jumlah produksi batik
manggur di Kota Probolinggo. 3) Untuk mengetahui cara mengatasi kendala
inovasi dalam memaksimalkan jumlah produksi batik manggur di Kota
Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Kualitatif dengan jenis
penelitian lapangan dengan penemuan subjek menggunakan teknik purposive.
Serta teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penentuan jumlah
produksi, kualitas yang bagus, dan memproduksi batik secara terus menerus
dengan berinovasi corak batik. 2) kendalanya yaitu ada dua eksternal dan internal,
segi eksternal memperhatikan dari segi perolehan jumlah produk sedangkan
internal memperhatikan dari segi yang ada dalam perusahaan dan peralatan yang
digunakan oleh perusahaan. 3) cara mengatasinya kendala yaitu dengan mencoba
produk baru atau mengkaji ulang produknya.

Kata Kunci: Strategi Inovasi, Produksi, Batik Manggur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Khotimah Khusnul
Date Deposited: 28 Dec 2023 03:36
Last Modified: 28 Dec 2023 03:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31186

Actions (login required)

View Item View Item