MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS TRILOGI SANTRI DI SMK MIFTAHUL ULUM AJUNG JEMBER

Afton, Badrudin (2023) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS TRILOGI SANTRI DI SMK MIFTAHUL ULUM AJUNG JEMBER. Masters thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
TESIS BADRUDIN AFTON WATERMARK.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Badrudin Afton. 2023. Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Triologi Santri
Di Sekolah Menengah Kejuruan Miftahul Ulum Ajung Jember.
Kata Kunci: Manajemen, Pendidikan Karakter, Triologi Santri
Manajemen merupakan sebuah proses khusus yang terdiri dari
perencanaan, pengorganisasian, menggerakkan dan pengawasan, yang dilakukan
untuk menentukan serta mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan melalui
proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber daya lainnya secara
efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Trilogi Santri merupakan
standar kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh santri yang dijadikan tolak
ukur sebuah kesantrian.
Fokus dari penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana manajemen pendidikan
karakter berbasis (الاهتَاً تاىفزوض اىعٍٍْح) di Sekolah Menengah Kejuruan Miftahul
Ulum Ajung Jember? 2) Bagaimana manajemen pendidikan karakter berbasis
?di Sekolah Menengah Kejuruan Miftahul Ulum Ajung Jember )الاهتَاً تتزك اىنثائز(
حسِ الادب ٍع الله وٍع اىخي ( Bagaimana manajemen pendikan berbasis )3
di Sekolah ) ق
Menengah Kejuruan Miftahul Ulum Ajung Jember?
Penelitian ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan manajemen pendidikan
karakter berbasis (الاهتَاً تاىفزوض اىعٍٍْح) di Sekolah Menengah Kejuruan Miftahul
Ulum Ajung Jember, 2) Mendeskripsikan manajemen pendidikan karakter
berbasis (الاهتَاً تتزك اىنثائز) di Sekolah Menengah Kejuruan Miftahul Ulum Ajung
حسِ الادب ٍع الله وٍع ( Jember, 3) Mendeskripsikan manajemen pendikan berbasis
.di Sekolah Menengah Kejuruan Miftahul Ulum Ajung Jember )اىخيق
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan
subyek penelitian dilakukan secara purposive. Sumber data menggunakan data
yang membidangi dan sumberdata pendukung. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi non partisipasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis
Data: menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Milles,
Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah: Pengumpulan data, kondensasi
data (Data condensation), Penyajian data (Data display) dan penarikan
kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi
teknik.
Hasil penelitian ini adalah 1) manajemen pendidikan karakter berbasis
dengan langkah الاهتَاً تاىفزوض اىعٍٍْح melalui perencanaan )الاهتَاً تاىفزوض اىعٍٍْح(
menganalisis kebutuhan, pelaksanaan dengan meberikan arahan, bimbingan,
pengajaran, dan pemdampingan, dan mengevaluasi program. 2) manajemen
pendidikan karakter berbasis (الاهتَاً تتزك اىنثائز) dengan cara perencanaan
الا ا ِهاتَِ pencegahan terhadap perbuatan melanggar syari‟at, pelaksanaa
ا
ًُ تِت زاكِ اىان ث ائِز
melalui pendakatan pembelajaran, mauidzoh, dan pemanfaatan media cetak
dengan membuat informasi larangan berbuat dosa besar yang bersumber dari al-
qur‟an dan hadits, dan pengawasan terhadap peserta didik dengan menggunakan
sistem penilaian perilaku mulia melalui absen setiap hari. 3) manajemen
pendidikan karakter berbasis حسِ الادب ٍع الله وٍع اىخيق melaluli tahapan manajemen
yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Badrudin Afton
Date Deposited: 09 Jan 2024 00:27
Last Modified: 09 Jan 2024 00:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31199

Actions (login required)

View Item View Item