PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI RAMBIPUJI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Nurhafifah, Fika Ayuni (2023) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI RAMBIPUJI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI FIKA AYUNI NURHAFIFAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu unsur yang sangat penting untuk proses memperbaiki kualitas dalam kehidupan agar seseorang menjadi lebih baik. Keluarga memiliki peran penting dalam pendidikan, sehingga latar belakang keluarga seperti status sosial ekonominya harus diperhatikan agar keberhasilan
pendidikan dicapai secara maksimal. Keluarga bertanggung jawab menyediakan dana untuk kebutuhan pendidikan anak. Keluarga yang status sosial ekonominya tinggi tidak banyak mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sekolah
anak. Anak-anak yang berlatar belakang ekonomi rendah, kurang mendapatkan bimbingan dan pengarahan yang cukup dari orang tua karena orang tua lebih memusatkan perhatiannya pada bagaimana untuk memenuhi kebutuhan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana status sosial
ekonomi orang siswa kelas X di SMA NegeriRambipuji Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. 2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. 3) Apakah terdapat pengaruh status sosial
ekonomi orang tua terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X di SMA Negeri Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survey yang dilakukan di SMA Negeri Rambipuji Jember. Populasi peneliti seluruh kelas X yang berjumlah 280 siswa. Teknik Sampling menggunakan jenis Simple Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 165 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Dan analisis data menggunakan IBM SPSS Statistic 25. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Status sosial ekonomi orang tua siswa kelas X di SMA Negeri Rambipuji Jember dimana kategori sangat tinggi dengan jumlah satu siswa persentase 0,61%, 11 siswa pada kategori tinggi dengan jumlah persentase 6,67%, 100 siswa pada kategori sedang dengan jumlah persentase 60,61%, 53 siswa pada kategori rendah dengan jumlah presentase 32,12%, sedangkan pada kategori sangat rendah dengan jumlah siswa 0. 2) Hasil belajar biologi siswa kelas X di SMA Negeri Rambipuji Jember dengan jumlah persentase 7,88% kategori sangat tinggi, 23,03% kategori tinggi, 67,27% kategori sedang, 1,82% kategori rendah dan 0% dalam kategori sangat rendah. 3) Terdapat pengaruh status sosial ekonomi terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X di SMA Negeri Rambipuji Jember dimana berdasarkan hasil uji t yang diperoleh menggunakan IBM SPSS Statistic 25 diperoleh nilai thitung 12,272 yang artinya lebih besar dari ttabel 1,97dan taraf signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Status Sosial Ekonomi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Fika Ayuni Nurhafifah
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:50
Last Modified: 04 Jan 2024 02:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31311

Actions (login required)

View Item View Item