PENGARUH KONSENTRASI BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI MAN 3 JEMBER

Oktaviana, Riris Oktaviana (2024) PENGARUH KONSENTRASI BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI MAN 3 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Riris Oktaviana Afnenda _T20178077.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kegiatan utama pendidikan disekolah adalah kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa. Apabila pembelajaran di kelas berjalan dengan optimal dan siswa mampu memahami dengan baik materi yang telah disampaikan, maka guru dikatakan berhasil dalam tugasnya. Hasil belajar menunjukkan apakah seorang guru efektif atau tidak efektif dalam mengajar. Hasil belajar yang belum maksimal menunjukkan bahwa banyak siswa yang belum tuntas dalam belajarnya. Ada beberapa faktor yang memengaruhi hasil belajar siswa yaitu faktor internal dan faktor eksternal. faktor internal yaitu meliputi kecerdasan, kesehatan, ketekunan, sikap, kondisi fisik, perhatian, motivasi, minat, kebiasaan dan konsentrasi sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan masyarakat. Konsentrasi belajar dan kebiasaan belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan konsentrasi belajar siswa kelas X di MAN 3 Jember. 2) Mendeskripsikan kebiasaan belajar siswa kelas X di MAN 3 Jember. 3) Mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas X di MAN 3 Jember. 4) Mengetahui pengaruh konsentrasi belajar dan kebiasaan belajar secara simultan terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X di MAN 3 Jember. 5) Mengetahui pengaruh konsentrasi belajar dan kebiasaan belajar secara parsial terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X di MAN 3 Jember.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di MAN 3 Jember Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik cluster random sampling dan didapatkan 163 sampel siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan dokumen dan angket. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial, pada statistik inferensial menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Konsentrasi belajar siswa dengan hasil 15% dalam kategori sangat tinggi , 44% dalam kategori tinggi, dan 40% dalam kategori sedang. 2) Kebiasaan belajar siswa dengan hasil 60% dalam kategori sangat tinggi, 36% dalam kategori tinggi, dan 4% dalam kategori sedang. 3) Hasil belajar siswa dengan hasil 72% dalam kategori sangat tinggi, dan 28% dalam kategori tinggi. 4) Dari hasil uji f didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang mana lebih kecil dari 0,05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara konsentrasi belajar dan kebiasaan belajar secara simultan terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X di MAN 3 Jember 5) Dari hasil uji t pada variabel konsentrasi belajar diperoleh nilai signifikansi sebesar = 0,000 lebih kecil dari 0,05. Sedangkan pada variabel kebiasaan belajar dari hasil uji statistik t diperoleh dengan nilai signifikansi sebesar = 0,000 lebih kecil dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa masing-masing variabel berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X di MAN 3 Jember

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konsentrasi Belajar, Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar Biologi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Riris Oktaviana Afnenda
Date Deposited: 02 Jan 2024 07:14
Last Modified: 02 Jan 2024 07:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31426

Actions (login required)

View Item View Item