Penarapan Model Game Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Di Mts Lombok Kulon Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023

Hasanah, Farid Hatul (2023) Penarapan Model Game Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Di Mts Lombok Kulon Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbyah dan Ilmu Keguruan Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.

[img] Text
Faridhatul Hasanah_T20199001.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata kunci : Metode Game Based Learning, IPS ,Motivasi Belajar
Ilmu pengetahuan sosial ( IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari SD/MI/SDLB sampai SMP/MTS/SMPLB, bahkan sampai pada jenjang SMK.IPS mengkaji seperapat peristiwa,fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Pada jenjang SMP/MTS ,mata pelajaran IPS memuat materi Geografi, Sejarah, Sosiologi dan Ekonomi. Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis,dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai.

Adapun fokus penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran game based learning dalam meningkatkan motivasi belajar IPS pada siswa kelas VIIIB Mts Lombok kulon Bondowoso tahun pelajaran 2022/2023.

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran game based learning pada siswa kelas VIII B Mts Lombok kulon Bondowoso. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, serta tahap refleksi, dengan subyek penelitian siswa kelas VIIIB yang berjumlah 15 siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran game based learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS Pada siswa kelas VIIIB Mts Lombok kulon Bondowoso. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan motivasi belajar siswa antara siklus I dan Siklus II. Dimana pada , siklus I rata-rata yang diperoleh siswa adalah 70% , sedangkan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 85%. Hasil pada siklus II ini sudah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan dan sudah mencapai target Peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: mrs Farid Hatul Hasanah
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:39
Last Modified: 04 Jan 2024 03:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31492

Actions (login required)

View Item View Item