Peran Bank Santri (Bank Sampah Mandiri Terintegrasi) Dalam Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Jombang

Khoiriyah, Siska (2023) Peran Bank Santri (Bank Sampah Mandiri Terintegrasi) Dalam Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siska Khoiriyah_D20192013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Peran; Bank Santri; Pemberdayaan Masyarakat
Singkatan dari Bank Sampah Mandiri Terintegrasi ialah Bank Santri. Pada tahun 2022, Bank Santri didirikan dengan tujuan untuk menghidupkan kembali Program Bank Sampah di Kabupaten Jombang melalui kegiatan terkait fasilitasi, mediasi, dan pendampingan pengolahan sampah. Kegiatan-kegiatan tersebut dirancang untuk mempercepat penanganan masalah sampah secara otonom dan terintegrasi melalui kolaborasi multipihak antara masyarakat, pemerintah, swasta, dan komunitas pendidikan yang semuanya mendukung program Smart City Kabupaten Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut: 1) Bagaimana Bank Santri, bank sampah terpadu yang mandiri, berkontribusi terhadap pemberdayaan warga Kabupaten Jombang? 2) Apa saja variabel yang memudahkan atau menghambat upaya Bank Santri (bank sampah mandiri terintegrasi) dalam memberdayakan masyarakat Kabupaten Jombang?
Tujuan penelitian ini ialah sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui bagaimana Bank Santri merupakan bank sampah mandiri terpadu dalam memberikan kontribusi terhadap pemberdayaan masyarakat Kabupaten Jombang. 2) Untuk mengetahui unsur-unsur yang memudahkan atau menghambat kemampuan Bank Santri (bank sampah terpadu yang otonom) dalam memberdayakan masyarakat Kabupaten Jombang.
Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data meliputi dokumentasi, wawancara, dan observasi. Teori Milles & Huberman digunakan dalam analisis data yang meliputi pemadatan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Memanfaatkan triangulasi sumber dan teknologi, menilai validitas data. Tahapan pra lapangan, pelaksanaan, dan kesimpulan penelitian termasuk dalam tahapannya.
Hasil dari penelitian yang dijalankan ialah sebagai berikut. 1) Terdapat beberapa peran yang dijalankan oleh pengurus dalam mewujudkan perbaikan mutu hidup dan kesejahteraan masyarakat yang diantaranya ialah diseminasi inovasi, edukasi, fasilitasi, dan advokasi dan supervise serta advokasi 2) terdapat Faktor Pendukung berupa Motivasi dan Kebijakan Pemerintah turut menjadi Faktor pendukung Utama adanya Program kerja Bank Santri (Bank Sampah Mandiri Terintegrasi) dalam memberdayakan masyarakat. Dan juga terdapat Faktor Penghambat : Naik turun harga sampah harga sampah dapat berubah secara reguler dan tidak dapat di prediksi secara pasti dan Partisipasi masyarakat yang kurang turut menjadi faktor penghambat program Bank Santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160805 Social Change
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160810 Urban Sociology and Community Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: siska khoiriyah ria
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:44
Last Modified: 04 Jan 2024 02:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31506

Actions (login required)

View Item View Item