Pengaruh Harga dan Fasilitas Pantai Terhadap Kepuasan Wisatawan Pantai Gumuk Kantong Kabupaten Banyuwangi

sabatini, indana farah (2023) Pengaruh Harga dan Fasilitas Pantai Terhadap Kepuasan Wisatawan Pantai Gumuk Kantong Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
INDANA FARAH SABATINI watermak.pdf

Download (3MB)

Abstract

Indana Farah Sabatini, Nur Ika Mauliyah, 2023. Pengaruh Harga Dan Fasilitas Pantai Terhadap Kepuasan Wisatawan Pantai Gumuk Kantong.

Kata Kunci : Harga, Fasilitas, Kepuasan Wisatawan

Pengelolaan pariwisata yang tepat dan baik akan memberikan kepuasan kepada wisatawan. faktor yang sangat mempengaruhi kepuasan wisatawan seperti harga dan fasilitas wisata yang mendukung rasa nyaman para pengunjung. Harga dan fasilitas menjadi tolak ukur kepuasan wisatawan, sebab harga dan fasilitas sangat berkaitan erat.
Fokus penelitian yang terdapat dalam skripsi ini adalah: 1). Apakah harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan pada objek wisata Pantai Gumuk Kantong? 2). Apakah fasilitas berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan wisatawan pada objek wisata Pantai Gumuk Kantong? 3). Apakah harga dan fasilitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan pada objek wisata Pantai Gumuk Kantong?
Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Untuk mengetahui pengaruh harga terhadap kepuasan wisatawan pada objek wisata Pantai Gumuk Kantong. 2). Untuk mengetahui pengaruh fasilitas terhadap kepuasan wisatawan pada objek wisata Pantai Gumuk Kantong. 3). Untuk mengetahui pengaruh simultan harga dan fasilitas terhadap kepuasan wisatawan pada objek wisata Pantai Gumuk Kantong.
Untuk mengidentifikasi permasalahan dalam menjawab fokus penelitian, penyusunan skripsi ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian kausalitas, yaitu jenis penelitian sebab-akibat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan pantai Gumuk Kantong Kabupaten Banyuwangi, dan sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Pemilihan sampel menggunakan Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, analisis regresi linier berganda, uji kualitas data, uji asumsi klasik dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Pengaruh harga terhadap kepuasan wisatawan di Objek Wisata Pantai Gumuk Kantong Kabupaten Banyuwangi berpengaruh signifikan, dikarenakan setelah Pantai Gumuk Kantong dikembangkan oleh Pokdarwis mengalami perubahan infrakstruktur namun harga tiket masuk sama bahkan dibawah harga tiket masuk objek wisata pantai lain di kecamatan muncar, semakin menarik serta bertambahnya intensitas jumlah pengunjung menandakan harga mempengaruhi kepuasan wisatawan. 2) Pengaruh fasilitas terhadap kepuasan wisatawan di Objek Wisata Pantai Gumuk Kantong Kabupaten Banyuwangi berpengaruh signifikan, fasilitas-fasilitas yang memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada wisatawan, sehingga mempengaruhi kepuasan wisatawan. 3) Pengaruh simultan harga dan fasilitas terhadap kepuasan wisatawan di Objek Wisata Pantai Gumuk Kantong Kabupaten Banyuwangi berpengaruh signifikan, dikarenakan harga yang ditawarkan terjangkau serta wisatawan dapat menikmati fasilitas yang memberikan kemudahan dan kenyamanan, Sehingga mempengaruhi kepuasan wisatawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Indana farah Sabatini
Date Deposited: 05 Jan 2024 07:19
Last Modified: 05 Jan 2024 07:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31615

Actions (login required)

View Item View Item