Pengaruh Hafalan Al-Qur'an Terhadap Perstasi Akademik Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Siswa SMPIT Al-Ghozali Jember

QOMARIAH, SOFIATUL (2023) Pengaruh Hafalan Al-Qur'an Terhadap Perstasi Akademik Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Siswa SMPIT Al-Ghozali Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
fix dristribusi sofi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sofiatul Qomariah, 2023: Pengaruh Menghafal al-Qur’an Terhadap Prestasi Akademik Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Siswa SMPIT Al-Ghozali Sumbersari Jember

Kata Kunci : Menghafal al-Qur’an, Prestasi Akademik
Hal yang melatar belakangi peneliti memilih Salah satu Sekolah Menengah Pertama di Jember yang menerapkan kurikulum lokal tahfidz al- Qur’an (menghafalkan al-Qur’an) adalah SMP Islam Terpadu Al-Ghazali Jember. Setiap siswa berkewajiban menghafalkan Al-Qur’an minimal 3 juz selama menempuh Pendidikan di sekolah tersebut, serta menjadi syarat kelulusan. Pada kenyataannya tidak semua siswa yang mempunyai hafalan al-Qur’an terbanyak berprestasi paling tinggi di kelas, begitu pula sebaliknya tidak semua siswa yang memiliki prestasi tinggi di kelas memiliki hafalan al-Qur’an lebih banyak dari siswa yang berprestasi rendah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh program tahfidz al-Qur’an terhadap prestasi Akademik Bidang Studi Pendidikan Agama Islam. Sedangkan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh menghafal al-Qur’an terhadap prestasi akademik bidang studi pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti siswa SMPIT Al-Ghozali Jember.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Tenik pengumpulan data menggunkan angket atau kuisioner dan dokumentasi. Dengan jenis penelitian menggunakan ex post facto. Kemudian analisis data yang digunakan adalah analisis Regresi Linier Sederhana. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah sisa kelas VIII dan IX di SMPIT Al-Ghozali Jember ysng berjumlah 50 siswa.
Berdasarkan hasil analisis Regresi Linier Sederhana menunjukan nilai sig.0.00 < 0.05 dengan besar pengaruh 33,2% sedangkan 63,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa menghafal al-Qur’an berpengaruh terhadap prestasi akademik bidang studi pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SOFIATUL SOFIATUL QOMARIAH
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:49
Last Modified: 09 Jan 2024 07:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31852

Actions (login required)

View Item View Item