Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Terhadap Santri Dalam Kajian Kitab Akhlak Lil Banin Di Pondok Pesantren Sunniyah Salfiyah Tarimul Ghanna' Kelurahan Bulusan Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi

Mohammad, Faishal (2023) Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Terhadap Santri Dalam Kajian Kitab Akhlak Lil Banin Di Pondok Pesantren Sunniyah Salfiyah Tarimul Ghanna' Kelurahan Bulusan Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mohammad Faishal T20181019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kajian kitab Akhlak Lil Banin dilakukan untuk menanamkan akhlak yang mulia sejak usia dini. Kitab Akhlak Lil Banin merupakan formula yang tepat untuk menanamkan akhlak yang mulia bagi anak usia dini. Pada kitab ini sendiri, sangat mudah untuk dipelajari. Kitab Akhlak Lil Banin yang dikarang oleh Syeikh Umar bin Ahmad Baradja, memakai Bahasa yang sangat ringan dan sederhana sehingga mudah dipahami. Fokus penelitian yang diteliti dalamskripsi ini adalah: 1) apa bentuk nilai-nilai akhlak terhadap santri dalam kajian kitab Akhlak Lil Banin di pondok pesantren Sunniyah Salafiyah Tarimul Ghanna’ Banyuwangi? 2) bagaimanakah cara internalisasi nilai-nilai akhlak terhadap santri dalam kajian kitab Akhlak Lil Banin di pondok pesantren Sunniyah Salafiyah Tarimul Ghanna’ Banyuwangi? 3) bagaimanakah hasil dari internalisasi nilai-nilai akhlak terhadap santri dalam kajian kitab Akhlak Lil Banin di pondok pesantren Sunniyah Salafiyah Tarimul Ghanna’ Banyuwangi?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui bentuk nilai-nilai akhlak terhadap santri dalam kajian kitab Akhlak Lil Banin di pondok pesantren Sunniyah Salafiyah Tarimul Ghanna’ Banyuwangi. 2) mengetahui cara internalisasi nilai-nilai akhlak terhadap santri dalam kajian kitab Akhlak Lil Banin di pondok pesantren Sunniyah Salafiyah Tarimul Ghanna’ Banyuwangi. 3) mengetahui hasil dari internalisasi nilai-nilai akhlak terhadap santri dalam kajian kitab Akhlak Lil Banin di pondok pesantren Sunniyah Salafiyah Tarimul Ghanna’ Banyuwangi. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif. Menggunakan teknik pengumpulan data: 1) observasi, 2) wawancara, dan 3) dokumentasi. Menggunakan analisis data model interaktif Miles, Huberman, dan Johnny Saldana. Pengujian keabsahan data dalam penelitian menggunakan dua jenis triangulasi, yaitu: 1) triangulasi sumber dan 2) triangulasi teknik. Hasil dari penelitian yang ditemukan yaitu: 1) bentuk nilai-nilai akhlak yaitu: (a) kejujuran, (b) ketaatan kepada Allah SWT, (c) ketaatan kepada Nabi Muhammad SAW, (d) ketaatan kepada guru dan (e) sopan santun terhadap teman; 2) cara internalisasi nilai-nilai akhlak yaitu: (a) penanaman melalui materi, (b) penanaman melalui keteladanan dan (c) penanaman melalui pembiasaan; 3) hasil dari internalisasi nilai-nilai akhlak yaitu: (a) selalu jujur dalam perkataan dan perbuatan, (b) giat melakukan ibadah-ibadah sunnah, (c) meningkatnya hasil belajar santri dan (d) mempunyai sifat tolong menolong.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220406 Studies in Eastern Religious Traditions
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohammad Faishal Spd
Date Deposited: 12 Jan 2024 06:32
Last Modified: 12 Jan 2024 06:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32018

Actions (login required)

View Item View Item