Pengembangan bahan ajar ensiklopedia digital dalam pembelajaran bumi dan alam semesta pada peserta didik kelas III-B Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 5 Jembrana Bali

Asmaul Husna, Ainah (2024) Pengembangan bahan ajar ensiklopedia digital dalam pembelajaran bumi dan alam semesta pada peserta didik kelas III-B Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 5 Jembrana Bali. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI WATERMARK AINAH ASMAUL HUSNA.pdf

Download (8MB)

Abstract

Media pembelajaran, seperti Ensiklopedia Digital Berbasis Software, menjadi alat penting komunikasi antara guru dan peserta didik. Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jembrana Bali menerapkan pembelajaran hybrid (campuran) dengan penggunaan aplikasi WhatsApp sebagai media online. Namun, penggunaan aplikasi WhatsApp dinilai menyebabkan kebosanan pada peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini fokus pada pengembangan Ensiklopedia Digital sebagai solusi pembelajaran yang lebih menarik dan efektif.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana desain pengembangan Bahan Ajar Ensiklopedia Digital dalam pembelajaran materi bumi dan alam semesta untuk peserta didik kelas III-B di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jembrana Bali? 2) Bagaimana kelayakan pengembangan bahan ajar berbasis Ensiklopedia Digital untuk peserta didik kelas III-B di Madrasah Ibtidaiyah Negeri5 Jembrana Bali? 3) Bagaimana dampak pengembangan bahan ajar berbasis Ensiklopedia Digital dalam pembelajaran materi bumi dan alam semesta untuk peserta didik kelas III-B di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jembrana Bali.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan desain pengembangan Bahan Ajar Ensiklopedia Digital dalam pembelajaran materi bumi dan alam semesta untuk peserta didik kelas III-B di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jembrana Bali 2) Mendeskripsikan kelayakam pengembangan bahan ajar berbasis Ensiklopedia Digital untuk peserta didik kelas III-B di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jembrana Bali 3) Mendeskripsikan dampak pengembangan bahan ajar berbasis
Ensiklopedia Digital dalam pembelajaran materi bumi dan alam semesta untuk peserta didik kelas III-B di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jembrana Bali.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bisa juga disebut dengan Research and Development (RnD) dengan menggunakan model penelitian ADDIE yang telah dikembangkan oleh Dicky dan Carry (1996) yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Produk adalah bahan ajar Ensiklopedia Digital, dikembangkan menggunakan JavaScript di Android Studio dengan Kotlin/Java (untuk android). (2) Uji validasi oleh 4 tim ahli mendapatkan
presentase 90,7%, menunjukkan bahwa bahan ajar ini sangat valid dan layak digunakan. (3) Dampaknya terlihat dari hasil belajar peserta didik dan teknologi. Dalam hasil posttest yang signifikan di mana nilai rata-rata posttest peserta didik 92,22%, dan dampak teknologi mendapat nilai koefisien regresi ensiklopedia digital adalah 0.690, artinya jika variable ensiklopedia digital (X1) meningkat sebesar 5%
dan konstanta (a) adalah 0 (nol), maka ensiklopedia digital dan dampak teknologi meningkat sebesar 0.690. Bahwa variable ensiklopedia digital yang yang telah dikembangkan berdampak positif bagi peserta didik kelas III-B.

Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Ensiklopedia, Berbasis Software

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130310 Maori Education (excl. Early Childhood and Primary Education)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Ainah Asmaul Husna
Date Deposited: 27 Mar 2024 03:03
Last Modified: 27 Mar 2024 03:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32235

Actions (login required)

View Item View Item