Manajemen Pengembangan Pesantren Melalui Program Kewirausahaan Santri Di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kalisat Jember

Andreyanto, Muhammad (2023) Manajemen Pengembangan Pesantren Melalui Program Kewirausahaan Santri Di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kalisat Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Acmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI - M. ANDREYANTO-1.pdf

Download (21MB)

Abstract

Manajemen pengembangan pesantren adalah sebuah konsep atau strategi yang digunakan oleh pengelola pesantren untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas pesantren dalam berbagai aspek, termasuk pendidikan, kegiatan ekstrakurikuler, fasilitas, dan lain-lain.
Pesantren adalah lembaga pendidikan keagamaan yang berada di bawah bimbingan kyai. Pesantren bisa juga di sebut Bengkel maksudnya sebagai tempat memperbaiki diri menjadi lebih baik.
Saat ini, pesantren tidak hanya berfokus pada pembentukan karakter dan keilmuan santri; mereka telah bergerak ke arah tujuan yang lebih luas, terutama masyarakat dan kesejahteraan.
Penelitian ini berfokus pada 1) Perencanaan Pengembangan Pesantren Melalui Program Kewirausahaan Santri Di Pesantren Miftahul Ulum Kalisat Jember, 2) Pelaksanaan Pengembangan Pesantren Melalui Program Kewirausahaan Santri Di Pesantren Miftahul Ulum Kalisat Jember, dan 3) Evaluasi Pengembangan Pesantren Melalui Program Kewirausahaan Santri Di Pesantren Miftahul Ulum Kalisat Jember.
Tujuan dari skripsi ini adalah sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan Perencanaan Pengembangan Pesantren melalui program Kewirausahaan Santri di Pesantren Mifathul Ulum Kalisat Jember; 2) Mendeskripsikan Pelaksanaan Pengembangan Pesantren melalui program Kewirausahaan Santri di Pesantren Mifathul Ulum Kalisat Jember; dan 3) Mendeskripsikan Evaluasi Pengembangan Pesantren melalui program Kewirausahaan Santri di Pesantren Mifathul Ulum Kalisat Jember.
Dalam penelitian ini, metode penelitian kualitatif digunakan, dan jenis penelitian field reasech digunakan. Dalam penelitian ini, observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman dan Saldana, sedangkan purposive digunakan untuk menggali informan. Peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teknik untuk memverifikasi keabsahan data.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1. Perencanaan pengembangan program kewirausahaan santri melalui tahap persiapan dan perencanaan. 2 ) Pola Pelaksanaan Pengembangan Pesantren melalui Program Kewirausahaan Santri terdiri dari tiga bidang: koperasi yang memenuhi semua kebutuhan santri, menjahit yang dikerjakan oleh santri yang sudah mahir dan baru belajar, dan bidang pertanian, di mana santri dididik untuk memanfaatkan lingkungan sebaik mungkin. 3 ) Model Evaluasi Pengembangan Pesantren untuk program kewirausahaan santri dilaksanakan dalam tiga tahap.Tahap pertama yaitu memastikan bahwa program tersebut telah dilaksanakan. Tahap kedua melibatkan analisis program yang sudah dilaksanakan dengan melibatkan pengurus, ustad, dan bagian kewirausahaan dalam pengembangan kewirausahaan santri. Tahap ketiga, atau tahap terakhir, adalah untuk mengevaluasi hasil dari perubahan program yang telah dibuat atau menembah program jika dibutuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Muhammad Andreyanto
Date Deposited: 01 Apr 2024 04:33
Last Modified: 01 Apr 2024 04:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32249

Actions (login required)

View Item View Item