Strategi manajemen pemasaran untuk meningkatkan minat dan jumlah siswa baru di SMP Argopuro Panti

Sholehah, Fitriyatus (2024) Strategi manajemen pemasaran untuk meningkatkan minat dan jumlah siswa baru di SMP Argopuro Panti. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Ahmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fitriyatus Sholehah _ T20183158.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fitriyatus Sholehah, 2024: “Strategi Manajemen Pemasaran Untuk
Meningkatkan Minat dan Jumlah Siswa Baru di SMP Argopuro Panti”
Kata kunci: Strategi pemasaran, Minat, Jumlah siswa
Strategi pemasaran pendidikan memeiliki posisi yang sangat penting karena dunia
saat ini telah memasuki zaman globalisasi. Pemasaran pendidikan berguna sebagai
suatu langkah dalam mengimbangi posisi pendidikan di era persaingan global.
Tujuan dari pemasaran di suatu lembaga pendidikan adalah untuk
menginformasikan kepada masyarakat tentang produk-produk sekolah
meningkatkan minat, untuk membantu sekolah agar tetap eksis dan jumlah
pelanggannya yang semakin meningkat.
Fokus dari penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana strategi manajemen
pemasaran di Smp Argopuro Panti, (2) Bagaimana faktor penghambat dan faktor
pendukung strategi pemasaran di Smp Argopuro Panti.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan strategi manajemen
pemasaran di Smp Argopuro Panti (2) mendeskripsikan faktor penghambat dan
faktor pendukung strategi pemasaran di Smp Argopuro Panti.
Penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan mix methods, yaitu
penelitian dengan menggunakan dua metode dalam penelitian yaitu menggunakan
metode kualitatif yang digunakan sebagai data utama dan metode kuantitatif yang
digunakan sebagai data pendukung. Dalam penelitian ini perolehan data diperoleh
melalui dua sumber yaitu kualitatif melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Sedangkan kuantitatif melalui angket.
Hasil dari penelitian ini tentang strategi manajemen pemasaran untuk
meningkatkan minat dan jumlah siswa baru: (1) Strategi manajemen pemasaran
pendidikan yang dilakukan SMP Argopuro Panti untuk meningkatkan peminat
layanan jasa pendidikan dilakukan dengan melibatkan seluruh komponen yang
dimiliki dengan melakukan kegiatan pemasaran yang berbeda dari sekolah yang
menjadi pesaing. Strategi pemasaran SMP Argopuro memiliki 4 komponen yang
dimiliki yaitu, produk jasa berupa reputasi yang bagus. Biaya pendidikan
tergolong murah. Lokasi dan letak SMP Argopuro yang strategis. Promosi yang
dilakukan menarik. (2) Faktor pendukung: sekolah mempunyai sarana dan
prasarana yang lengkap dan cukup mendukung proses pembelajaran peserta didik.
Faktor penghambat yaitu berdekatan dengan sekolah SMP negeri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Fitriyatus Sholehah
Date Deposited: 02 Apr 2024 02:16
Last Modified: 02 Apr 2024 02:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32257

Actions (login required)

View Item View Item