PENGARUH KUALITAS LAYANAN, SISTEM, DAN INFORMASI MOBILE BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM BERTRANSAKSI ONLIEN (STUDI KASUS BANK SYARIAH INDONESIA)

ALDIFARI, MUHAMMAD AIZETD (2024) PENGARUH KUALITAS LAYANAN, SISTEM, DAN INFORMASI MOBILE BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM BERTRANSAKSI ONLIEN (STUDI KASUS BANK SYARIAH INDONESIA). Undergraduate thesis, UNEVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
M. AIZETD ALDIFARI 204105010030 (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Kualitas layanan merupakan pelayanan yang tidak berwujud yang diberikan oleh instansi atau individu kepada nasabah yang melibatkan interaksi langsung antara individu, instansi, atau mesin secara fisik. Sistem informasi mobile banking merupakan alat transaksi yang digunakan oleh nasabah yang memiliki tabungan di BSI KCP Bondowoso untuk mendapatkan informasi yang relevan. Kepuasan nasabah merupakan hasil dari pelayanan yang diberikan BSI KCP Bondowoso sesuai dengan harapan nasabah. Terjadi masalah pada layanan transaksi online di BSI yang mengalami gangguan atau tidak dapat diakses dari Senin, 8 sampai x11 Mei 2023, karena BSI mengalami serangan siber. Oleh karena itu peneliti ingin meneliti apakah kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah di BSI KCP Bondowoso, apakah kualitas sistem mobile banking berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah di BSI KCP Bondowoso,
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah kualitas informasi mobile banking berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah di BSI KCP Bondowoso, dan apakah kualitas layanan, sistem, dan informasi mobile banking secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah di BSI KCP Bondowoso.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian survei. Populasi penelitian ini yaitu seluruh nasabah yang menggunakan BSI mobile sampel dari penelitian ini yaitu non probability, jumlah minimal sampel 60 responden menggunakan rumus Hair et al. Teknik pengumpulan data yaitu data primer dengan menggunakan instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan melibatkan uji validitas, reliabilitas, hipotesis dan uji asumsi klasik.
Dari hasil analisis yang dilakukan bahwa penelitian ini dapat diambil kesimpulan yaitu variabel X1 Maka H0 diterima dan Ha ditolak yang berarti variabel kualitas layanan negarif tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan nasabah, variabel X2 kualitas sistem mobile banking terhadap variabel kepuasan nasabah disimpulkan H0 ditolak dan Hb diterima yang berarti variabel kualitas sistem mobile banking berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan nasabah, dan variabel X3 kualitas informasi mobile banking terhadap variabel kepuasan nasabah disimpulkan H0 ditolak dan Hc diterima yang berarti variabel kualitas informasi mobile banking berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan nasabah. Berdasarkan uji nilai ftabel dengan nilai ftabel 2,743711 yang berarti variabel kualitas layanan, kualitas sistem mobile banking, dan kualitas informasi mobile banking secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan nasabah diketahui bahwa fhitung = 195.682 yang artinya fhitung > ftabel (195.682 > 2,743711) dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas layanan, Sistem, Informasi mobile banking, Kepuasan nasabah.
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Aizetd Aldifari
Date Deposited: 23 Apr 2024 06:50
Last Modified: 23 Apr 2024 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32309

Actions (login required)

View Item View Item