Strategi Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Dengan Menggunakan Youtube Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember

Izza, Inayah Nurul (2024) Strategi Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Dengan Menggunakan Youtube Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-012-MPI2024)
Inayah Nurul Izza_202101030101.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Inayah Nurul Izza, 2024: Manajemen Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dengan Mengggunakan Youtube Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember.

Kata Kunci: Manajemen Strategi, Pemasaran Jasa Pendidikan

Pemasaran jasa pendidikan merupakan salah satu
kegiatan yang ada di dalam suatu madrasah yang mempunyai tujuan untuk menarik pengguna jasa layanan pendidikan. Maka dari itu penyelenggara pendidikan diharapkan dapat membuat
serangkaian Manajemen Strategi pemasaran jasa pendidikan agar dapat memunculkan
keunikan serta keunggulan madrasahnya agar diminati oleh pelanggan jasa pendidikan.
Dalam penelitian ini Manajemen Strategi yang digunakan yakni melalui youtube, hal
tersebutlah yang menjadi salah satu keunikan dalam proses pemasaran jasa pendidikan.
Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini adalah:1.)Bagaimana Formulasi
Manajemen Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dengan Menggunakan Youtube Di
Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember? 2.)Bagaimana Implementasi Manajemen Strategi
Pemasaran Jasa Pendidikan Dengan Menggunakan Youtube Di Madrasah Aliyah Negeri
3 Jember? 3.)Bagaimana Evaluasi Manajemen Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan
Dengan Menggunakan Youtube Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember?.
Tujuan Penelitian ini 1.) Untuk Mendeskripsikan Terkait Formulasi Manajemen
Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dengan Menggunakan Youtube Di Madrasah
Aliyah Negeri 3 Jember. 2.) Untuk Mempaparkan Terkait Proses Implementasi
Manajemen Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dengan Menggunakan Youtube Di
Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember. 3.) Untuk Mendeskripsikan Proses Evaluasi
Manajemen Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dengan Menggunakan Youtube Di
Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik obervasi,
wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis datanya peneliti menggunakan
data condensation, data display, dan conclusion drawing/verivication. Kemudian
keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber
dan trianggulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1)perencanaan Manajemen Strategi
pemasaran jasa pendidikan dengan menggunakan youtube di Madrasah Aliyah Negeri 3
Jember yakni mulai dari pembentukan panitia PPDB, kemudian dimulai dari pembuatan
konten youtube yang akan ditampilkan ke dalam youtube. 2)implementasi Manajemen
Strategi pemasaran jasa pendidikan dengan menggunakan youtube di Madrasah Aliyah
Negeri 3 Jember yakni pelaksanaan program kegiatan podcast yang dilaksanakan setiap
minggu untuk membuat konten podcast. 3)evaluasi Manajemen Strategi pemasaran jasa
pendidikan dengan menggunakan youtube di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember yakni
belum sepenuhnya rutin dalam proses penguploadan di youtube dan juga teerdapat kendala dalam penguplodan video profil madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Izza Inayah Nurul Izza
Date Deposited: 24 Apr 2024 08:51
Last Modified: 09 Jul 2024 08:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32372

Actions (login required)

View Item View Item