PENGARUH EDUKASI, KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA LEMBAGA TERHADAP MINAT MUZAKKI MEMBAYAR ZAKAT MELALUI LEMBAGA AMIL ZAKAT DAERAH (LAZDA) RIZKI JEMBER

Hikmah, Faizatul (2024) PENGARUH EDUKASI, KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA LEMBAGA TERHADAP MINAT MUZAKKI MEMBAYAR ZAKAT MELALUI LEMBAGA AMIL ZAKAT DAERAH (LAZDA) RIZKI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Faizatul Hikmah_204105040017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fungsi utama zakat ini bukan hanya sekedar menolong perekonomian mustahik, tetapi juga menjadi alat penyeimbang dalam sektor ekonomi suatu negara. Tapi pada kenyataanya masih banyak masyarakat yang tidak membayar zakat. Penyebab rendahnya penerimaan zakat adalah rendahnya tingkat kesadaran wajib zakat (muzakki). Dengan adanya edukasi, kualitas pelayana, dan citra lembaga dapat menimbulkan minat muzakki membayar zakat.Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah apakah edukasi, kualitas pelayanan, dan citra lembaga berpengaruh secara signifikan terhadap minat
muzakki membayar zakat melalui Lembaga Amil Zakat Daerah (LAZDA) RIZKI Jember.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi, kualitas pelayanan, dan citra lembaga berpengaruh secara signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat melalui Lembaga Amil Zakat Daerah (LAZDA) RIZKI Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis explanatory research dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Accidental sampling dan menggunakan rumus dari Hair sehingga didapat 75 responden sebagai sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan kuesioner, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif yang dinyatakan dalam bentuk angka dan perhitungan data menggunakan program SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji T (parsial) nilai Sig pada edukasi, kualitas pelayanan, citra lembaga < alpha 0,05 dan diperoleh nilai thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya antara edukasi, kualitas pelayanan, dan citra lembaga berpengaruh signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat melalui Lembaga Amil Zakat Daerah (LAZDA) RIZKI Jember. Sedangkan pada uji F (simultan) diketahui nilai Sig < 0,05 dan Fhitung > Ftabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Yang artinya edukasi, kualitas pelayanan, dan citra lembaga berpengaruh signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat melalui Lembaga Amil Zakat Daerah (LAZDA) RIZKI Jember. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel edukasi, kualitas
pelayanan, dan citra lembaga memiliki R2 54,2% terhadap variabel minat muzakki, sementara sisanya 45,8% kemungkinan dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Kata Kunci: Edukasi, Kualitas Pelayanan, Citra Lembaga, Minat Muzakki.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Mrs Faizatul Hikmah
Date Deposited: 25 Apr 2024 02:49
Last Modified: 25 Apr 2024 02:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32373

Actions (login required)

View Item View Item