Strategi Pemasaran Produk Melalui Digitalisasi Di Eka Collection Desa Sumuran Kecamatan Ajung Kabupaten Jember

maimunah, siti (0005) Strategi Pemasaran Produk Melalui Digitalisasi Di Eka Collection Desa Sumuran Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Masters thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
watermark siti maimunah.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Siti Maimunah, Saihan 2024: Strategi Pemasaran Produk melalui Digitalisasi di
Eka Collection Desa Sumuran Kecamatan Ajung Kabupaten Jember.
Keywords: Strategi Pemasaran, Digitalisasi, Eka Collection
Digitalisasi membawa perubahan aspek untuk aktivitas dan kegiatan
manusia dalam kehidupan. Tidak dapat terbantahkan lagi bahwa digitalisasi
memberikan kemudahan bagi kegiatan manusia. tidak terkecuali pada bisnis.
dewasa ini model bisnis juga sangat diperngaruhi oleh digitalisasi mulai dari
beriklan, hinggga pemenuhan kebutuhan diakomodir oleh digitalisasi. Digitalisasi
tanpa disadari memberikan symbol identitas dalam menjalankan suatu bisnis
karena kekhasan dari digitalisasi itu sendiri. salah satu perusahaan yang tengah
mengupayakan program digitalisasi adalah eka collection yang beralamat di
Sumuran Ajung Kabupaten Jember. Dalam upaya digitalisasi berbagai model
digitalisasi dilakukan seperti beriklan dan pengadaan stock tersendiri dari eka
collection. tujuan tidak lain adalah meningkatkan kualitas pelayanan hingga
kualitas manajemen di dalam perusahaan itu sendiri. tulisan ini bertujuan pertama,
mengelaborasi dari upaya eka collection mendigitalisasi dari setiap aktivitas bisnis
yang mereka lakukan. baik didalam digitalisasi periklanan dan pengadaan stock
dari eka collection. Kedua, mengidentidikasi hambatan dan tantangan eka
collection dalam upaya digitalisasi. Rumusan masalah yang diajukan pertama,
Bagaimana Strategi Pemasaran melalui Digitalisasi di Eka Collection Desa
Sumuran Kecamatan Ajung Kabupaten Jember? Kedua, Bagaimana Tantangan
dan Hambatan Pemasaran melalui Digitalisasi di Eka Collection Desa Sumuran
Kecamatan Ajung Kabupaten Jember?
Metodologi yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan
teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara hingga dokumentasi.
Sedangkan informan penelitian ini terdiri atas pemilik dari eka collection, dan
staff dari eka collection, dengan keabsahan data melalui teknik triangulasi sumber.
Adapun analisis data melalui analisis miles dan Huberman melalui beberapa tahap
yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh melalui analisis adalah pertama, Eka collection
dalam strategi pemasaran melalui digitalisasi sudah melakukan beberapa hal
diantaranya dengan menyediakan shopee, dan memanfaatkan segala mode
beriklanan yang disediakan oleh shopee. Potongan harga juga sudah diupayakan
dalam menggaet konsumen. Sayanganya konsumen lebih senang datang secara
offline. Untuk mempermudah konsumen yang datang secara langsung ke toko,
eka collection tengah berupaya untuk menyediakan etalase berbasiskan teknologi.
Kedua, Hambatan dan tantangan yang dihadapi oleh eka collection keterbatasan
modal yang berakibat pada keterbatasan juga pada pangsa pasar. Selain itu,
adanya kompleksitas logistik yang berkaitan dengan inventaris stock barang dan
ketersiadaan barang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Maimunah May
Date Deposited: 25 Apr 2024 07:40
Last Modified: 25 Apr 2024 07:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32398

Actions (login required)

View Item View Item