PENGARUH INTERNSHIP PROGRAM, PERENCANAAN KARIR DAN KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER

Puspitasari, Anita Dwi (2024) PENGARUH INTERNSHIP PROGRAM, PERENCANAAN KARIR DAN KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI ANITA DWI PUSPITASARI WATERMARK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Di era persaingan global yang semakin ketat, pemahaman terkait dunia kerja seringkali tidak sesuai dengan realita yang ada dimana banyak bidang pembangunan yang membutuhkan sumberdaya profesional tidak dapat dipenuhi karena berbagai faktor salah satunya adalah output dari segi pendidikan yang cukup terasa baik dari segi kuantitas dan kualitas sehingga dapat berakibat pada peningkatan pengangguran. Untuk itu peningkatan terhadap Sumber Daya Manusia di lingkungan perguruan tinggi memainkan peran krusial dalam mengurangi tingkat pengangguran dengan menciptakan tenaga kerja yang lebih terampil dan berkualitas, melalui pelatihan dan pengembangan keterampilan, menjadikan setiap mahasiswa lebih terarah untuk memasuki berbagai bidang pekerjaan.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu : (1) Apakah internship program berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan kerja mahasiswa FEBI Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achad Siddiq Jember? (2) Apakah perencanaan karir berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan kerja mahasiswa FEBI Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achad Siddiq Jember? (3) Apakah keaktifan berorganisasi berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan kerja mahasiswa FEBI Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achad Siddiq Jember? (4) Apakah internship program, perencanaan karir dan keaktifan berorganisasi berpengaruh secara simultan terhadap kesiapan kerja mahasiswa FEBI Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achad Siddiq Jember?
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui bagaimana pengaruh internship program, perencanaan karir dan keaktifan berorganisasi baik secara parsial dan simultan terhadap kesiapan kerja mahasiswa Fakultas Ekonomi dan bisnis Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 angkatan 2020 - 2021 yang memasuki masa – masa semester akhir dengan jumlah sampel sebanyak 299 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif berupa analisis regresi linier berganda dengan pengambilan sampel berupa purposive sampling.
Pada penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara internship program, perencanaan karir dan keaktifan berorganisasi baik secara parsial dan secara simultan terhadap kesiapan kerja mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dan fakta yang terdapat di lapangan mendukung teori yang digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Internship Program, Perencanaan Karir, Keaktifan Berorganisasi dan Kesiapan Kerja
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anita Dwi Puspitasari
Date Deposited: 15 May 2024 02:59
Last Modified: 15 May 2024 02:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32612

Actions (login required)

View Item View Item