Manajemen rekrutmen peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Panti Jember

Erin Nailus, Syifa Kumala (2024) Manajemen rekrutmen peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Panti Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan: Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
ERIN NAILUS SYIFA KUMALA_201101030016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Manajemen rekrutmen peserta didik adalah proses mencari, menemukan dan menentukan peserta didik yang nantinya akan menjadi peserta didik di suatu lembaga pendidikan. Manajemen rekrutmen peserta didik merupakan hal yang sangat penting yang harus dilakukan oleh sebuah lembaga pendidikan untuk menjaring calon peserta didik yang berkualitas dan untuk mendapatkan peserta didik yang memiliki karakteristik sesuai dengan kemampuan sekolah dalam membina dan mengembangkan peserta didik. Dalam rekrutmen peserta didik terdapat 4 jalur pelaksanaan, yaitu jalur prestasi, jalur afirmasi, jalur mutasi dan jalur zonasi.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan manajemen rekrutmen peserta didik di SMPN 2 Panti Jember? 2) Bagaimana pengorganisasian manajemen rekrutmen peserta didik di SMPN 2 Panti Jember? 3) Bagaimana pelaksanaan manajemen rekrutmen peserta didik di SMPN 2 Panti Jember? 4) Bagaimana Evaluasi manajemen rekrutmen peserta didik di SMPN 2 Panti Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perencanaan rekrutmen Peserta didik di SMPN 2 Panti Jember. 2) Untuk mengetahui pengorganisasian rekrutmen peserta didik di SMPN 2 Panti Jember. 3) Untuk mengetahui pelaksanaan rekrutmen peserta didik di SMPN 2 Panti Jember. 4) Untuk mengetahui evaluasi rekrutmen peserta didik di SMPN 2 Panti Jember.
Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan Johnny Saldana dengan langkah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah : 1) Perencanaan manajemen rekrutmen peserta didik di SMPN 2 Panti Jember diawali dengan menentukan daya tampung sekolah dan menentukan kriteria calon peserta didik baru. 2) Pengorganisasian manajemen rekrutmen peserta didik di SMPN 2 Panti Jember dibagi menjadi sistem promosi dan sistem seleksi. 3) Pelaksanaan manajemen rekrutmen peserta didik di SMPN 2 Panti Jember diawali dengan pembentukan panitia penerimaan, mengadakan rapat penerimaan, pembuatan/pengiriman/pemasangan pengumuman, pendaftaran peserta didik baru, seleksi peserta didik baru, penentuan peserta didik baru yang diterima, pengumuman peserta didik baru yang diterima, dan pendaftaran ulang peserta didik baru yang diterima. 4) Evaluasi manajemen rekrutmen peserta didik di SMPN 2 Panti Jember sudah dilakukan dengan baik sesuai dengan Ilmu Manajemen dan teori Manajemen Peserta Didik sehingga tidak terdapat kendala dalam pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Erin Nailus Syifa Kumala
Date Deposited: 15 May 2024 03:11
Last Modified: 15 May 2024 03:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32637

Actions (login required)

View Item View Item