Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pie Susu Bunda Nada Melalui Media Sosial Instagram di Bumi Mangli Permai Kaliwates Kabupaten Jember

Sufyan, Sufyan (2024) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pie Susu Bunda Nada Melalui Media Sosial Instagram di Bumi Mangli Permai Kaliwates Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sufyan_E20192227.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sufyan, Siti Masrohatin, 2023: Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan
Penjualan Pie Susu Bunda Nada Melalui Media Sosial Instagram di Bumi Mangli
Permai Kaliwates Kabupaten Jember.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Penjualan, Instagram
Strategi pemasaran adalah upaya memasarkan suatu produk, baik itu
barang atau jasa, dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga
jumlah penjualan menjadi lebih tinggi. Strategi pemasaran sangat berpengaruh
dalam meningkatkan penjualan, karena strategi yang baik akan menghasilkan
penjualan yang baik juga. Instagram merupakan media atau platform yang banyak
digunakan dan sangat berpengaruh bagi pelaku usaha. Instagram juga memberikan
peluang bisnis dalam meningkatkan pemasaran yang berbeda dari tradisional
menjadi media yang menginspirasi bagi para pelanggan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi
pemasaran yang digunakan Pie Susu Bunda Nada melalui Media Sosial Instagram
di Bumi Mangli Permai Kaliwates Kabupaten Jember. 2) Bagaimana volume
penjualan Pie Susu Bunda Nada sebelum dan sesudah menggunakan Media Sosial
Instagram di Bumi Mangli Permai Kaliwates Kabupaten Jember
Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui strategi pemasaran yang
digunakan Pie Susu Bunda Nada melalui Media Sosial Instagram di Bumi Mangli
Permai Kaliwates Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui volume penjualan Pie
Susu Bunda Nada sebelum dan sesudah menggunakan Media Sosial Instagram di
Bumi Mangli Permai Kaliwates Kabupaten Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Penentuan subjek penelitian dipilih secara purposive. Teknik
pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan model Interaktis Miles dan Huberman
yaitu 4 langkah. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Pada aplikasi Instagram Pie Susu
Bunda Nada Memanfaatkan beberapa fitur yang ada di Instagram seperti,
Instagram Stories, Instagram Reels, dan penyajian foto produk di upload dalam
Feed Instagram. Dan objek pemasaran online dengan mengaplikasikan bauran
pemasaran 4P (Product, Price, Place, dan Promotion) agar lebih terarah. 2)
Volume penjualan sebelum menggunakan media sosial Instagram berjumlah 365
unit produk yang terjual dengan pendapatan Rp.9.125.000 pada tahun 2019.
Setelah menggunakan media sosial Instagram volume penjualan meningkat dari
tahun 2020-2022 dengan puncak terjadi di tahun 2022 dengan 600 unit produk
terjual dengan pendapatan Rp. 15. 000. 000

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Men Sufyan Sufyan
Date Deposited: 15 May 2024 07:05
Last Modified: 15 May 2024 07:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32668

Actions (login required)

View Item View Item