Mahnunin, Siti Zahrotul (2024) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Harga Terhadap Peningkatan Nasabah Tabungan Haji Pada Bank Syaraih Indonesia KCP Jember Gajah Mada. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-082-PS-2024)
SKRIPSI SITI ZAHROTUL MAHNUNIN watermark.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (26MB) |
Abstract
Siti Zahrotul Mahnunin, 2024: Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Harga Terhadap Peningkatan Minat Nasabah Produk Tabungan Haji Pada Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada.
Kata Kunci: Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Harga, Peningkatan Nasabah.
Penelitian ini menjelaskan nasabah dalam memilih lembaga keuangan syariah seperti di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor. Seperti pengaruh kualitas pelayanan, promosi, dan harga. Faktor-faktor tersebut dapat menarik minat masyarakat dalam memilih Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada.
Rumusan masalah pada penelitian ini: 1. Apakah layanan berpengaruh terhadap peningkatan nasabah Tabungan haji pada Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada.? 2. Apakah promosi berpengaruh terhadap peningkatan nasabah Tabungan haji pada Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada.? 3. Apakah harga berpengaruh terhadap peningkatan nasabah Tabungan haji pada Bank Syariah KCP Jember Gajah Mada.
Tujuan pada penelitian ini: 1. Untuk mengetahui pengaruh layanan terhadap peningkatan nasabah Tabungan haji pada Bank Syriah Indonesia KCP jember Gajah mada. 2. Untuk meningkatkan pengaruh promosi terhadap peningkatan nasabah Tabungan haji pada Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada. 3. Untuk mengetahui pengaruh harga terhadap peningkatan nasabah Tabungan haji pada Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajam Mada.
Untuk mengidentifikasi permasalahan pada penelitian ini, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan jenis analisis data statistik. Populasi pada penelitian ini yaitu nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada, dengan total 100 nasabah. Pengambilan sampel menggunakan tektik sampling insidental, teknik pengambilan sampel yang dilakukan dengan mengambil sampel seluruh populasi dan menggunakan program SPSS Statistic Version 25 untuk alat analisis uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis regresi linier berganda, dan uji koefisein (R2).
Hasil dari penelitian ini adalah variabel pengaruh kualitas pelayanan tidak memiliki pengaruh terhadap peningkatan minat nasabah pada Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada. Karena hasil penelitian secara parsial (uji T) terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara variabel kualitas pelayanan (X₁) terhadap peningkatan nasabah (Y) dengan signifikan sebesar 0.176 > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Variabel promosi (X₂) berpengaruh signifikan secara parsial (uji T) terhadap peningkatan nasabah (Y) dengan signifikan sebesar 0,004 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dan Variabel Harga (X₃) berpengaruh signifikan secara parsial (uji T) terhadap peningkatan nasabah (Y) dengan signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan secara Simultan (uji F) terdapat pengaruh yang singnifikan antara Kualitas Pelayanan (X₁), Promosi (X₂), dan Harga (X₃) terhadap peningkatan nasabah (Y) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Diperoleh nilai Adjusted R Square adalah sebesar 0,389. Hal ini mengidentifikasikan bahwa kontribusi variabel kualitas pelayanan (X₁), Promosi (X₂), dan Harga (X₃) terdapat variabel peningkatan nasabah (Y) adalah 38,9%.
Actions (login required)
View Item |