Analisis Pengaruh Harga, Diferensiasi Produk, dan Service Excellent terhadap Minat Pembelian Berulang pada Toko Roti Malia Cabang Srono Kabupaten Banyuwangi

Triswandari, Rizka (2024) Analisis Pengaruh Harga, Diferensiasi Produk, dan Service Excellent terhadap Minat Pembelian Berulang pada Toko Roti Malia Cabang Srono Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
RIZKA TRISWANDARI_E20192287.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rizka Triswandari, Munir Is’adi, 2024: Analisis Pengaruh Harga, Diferensiasi Produk, dan Service Excellent terhadap Minat Pembelian Berulang pada Toko Roti Malia Cabang Srono Kabupaten Banyuwangi.

Kata Kunci: Harga, Diferensiasi Produk, Service Excellent, Minat Pembelian Berulang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, diferensiasi produk, dan service excellent terhadap minat pembelian berulang pada Toko Roti Malia Cabang Srono Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik Sampling berupa Non-Probability Sampling dengan metode Purposive Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden yaitu konsumen Toko Roti Malia Cabang Srono Kabupaten Banyuwangi dengan menggunakan perhitungan rumus Cochron dan Penelitian ini menggunakan analisis data uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, dan juga uji koefisien.
Hasil dari pengujian dan analisis menunjukkan bahwa Harga (X1) berpengaruh signifikan terhadap Minat Pembelian Berulang (Y). Dengan ini menunjukkan bahwa harga memiliki peran penting dalam pengambilan keputusan konsumen untuk membeli sesuatu barang ataupun jasa. Karena harga yang terjangkau, memiliki daya saing, sesuai dengan dengan kualitas dan manfaat yang ditawarkan akan dapat meningkatkan minat pembelian berulang. Variabel Diferensiasi Produk (X2) berpengaruh signifikan terhadap Minat Pembelian Berulang (Y). Hal ini dapat dilihat bahwa diferensiasi produk juga menjadi salah satu pertimbangan dalam pengambilan keputusan untuk melakukan pembelian ulang suatu produk. Karena diferensiasi produk yang berbeda dan unik akan mendorong konsumen untuk membeli produk tersebut. Selain itu juga, banyaknya pilihan produk yang dijual juga menjadi pertimbangan bagi konsumen untuk membeli ulang suatu produk. Dan Service Excellent (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Pembelian Berulang (Y). Konsumen tidak terlalu mempertimbangkan pelayanan suatu perusahaan dalam membeli sesuatu. Mereka lebih mementingkan suatu hal yang lebih penting dan lebih berpengaruh terhadap pembelian ulang suatu produk karena konsumen lebih mudah menilai menilai harga yang lebih terjangkau atau kelebihan suatu produk dibandingkan dengan menilai kualitas dari pelayanan yang sifatnya tidak berwujud. Dalam hal ini, konsumen lebih mempertimbangkan harga dan juga diferensiasi produk dalam pembelian ulang suatu produk dibandingkan dengan service excellent (pelayanan prima).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Rizka Triswandari
Date Deposited: 21 May 2024 06:33
Last Modified: 21 May 2024 06:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32747

Actions (login required)

View Item View Item