Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Melalui Pengajian Kitab Ta’limul Muta’allim Dalam Membentuk Karakter Siswa di SDI Raudlatul Mustarsyidin Rejoagung Sumber Wringin Bondowoso

Susanto, Adi (2024) Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Melalui Pengajian Kitab Ta’limul Muta’allim Dalam Membentuk Karakter Siswa di SDI Raudlatul Mustarsyidin Rejoagung Sumber Wringin Bondowoso. Masters thesis, Pascasarjana UIN KHAS ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
TESIS ADI SUSANTO.pdf

Download (3MB)

Abstract

Adi Susanto, 2023. Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Melalui Pengajian Kitab Ta’limul Muta’allim Dalam Membentuk Karakter Siswa Di SDI Raudlatul Mustarsyidin Rejoagung Sumber Wringin Bondowoso.

Kata kunci: Implementasi, Nilai Pendidikan Karakter, Kitab Ta’limul Muta’allim

Pendidikan karakter menjadi persoalan yang penting, terutama oleh para penggiat pendidikan. SDI Raudlatul Mustarsyidin mengaplikasikan nilai pendidikan karkater sebagai pembentukan karakter anak menjadi hal yang sangat diprioritaskan. Kitab Ta’lim Al-Muta’allim adalah salah satu kitab klasik yang lumrah dikalangan pondok pesantren dan menjadi salah satu refrensi yang menjelaskan mengenai perilaku peserta didik dalam melakukan proses belajar mengajar yang lebih mengutamakan akhlak dan moral untuk mencapai kemanfaatan ilmu. Selain membahas etika dalam belajar, kitab ini juga tentang membahas tujuan, serta strategi atau cara dalam belajar yang berkaitan dengan nilai karakter dan akhlak peserta didik. Sehingga dari problema yang terjadi pada peserta didik belakangan ini pelaksanaan pembelajaran kitab ta’limul muta’llim menjadi sangat penting diadakan utamanya di SDI Raudlatul Mustarsyidin Bondowoso.
Berdasarkan konteks penelitian yang telah diuraikan diatas, maka yang menjadi fokus penelitian dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan karakter Melalui Pengajian kitab Ta’limul Muta’allim dalam membentuk karakter Tawadhu’ siswa di SDI Raudlatul Mustarsyidin Rejoagung Sumber Wringin Bondowoso. (2) Bagaimana implementasi pendidikan nilai-nilai karakter melalui Pengajian kitab Ta’limul Muta’allim dalam membentuk karakter Sabar siswa di SDI Raudlatul Mustarsyidin Rejoagung Sumber Wringin Bondowoso. (3) Bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui Pengajian kitab Ta’limul Muta’allim dalam membentuk karakter Disiplin siswa di SDI Raudlatul Mustarsyidin Rejoagung Sumber Wringin Bondowoso.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe deskriptif analisis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interkatif Milles, Huberman dan Saldana J 2014. Dengan langkah-langkah kondensasi data display data dan verivikasi data. Teknik analisis data dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Sedangkan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil Penelitian di SDI Raudlatul Mustarsyidin Bondowoso yaitu (1) Implementasi nilai tawadhu’ yaitu dengan proses belajar mengajar kitab Ta’līm al-Muta‘llim disertai dengan pemberian nasehat, pembiasaan dan keteladanan, baik para guru (2) Impelemntasi nilai sabar yaitu dengan proses belajar mengajar kitab ta’limul muta’llim dan motivasi kepada siswa (3) Implementasi nilai disiplin di SDI Raudlatul Mustarsyidin Bondowoso yaitu dengan proses belajar mengajar kitab Ta’līm al-Muta‘llim dengan pemberian nasehat, contoh pelaku baik dari seorang guru kepada murid.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220406 Studies in Eastern Religious Traditions
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adi Susanto
Date Deposited: 30 May 2024 06:07
Last Modified: 30 May 2024 06:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32818

Actions (login required)

View Item View Item