IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KELOMPOK UNTUK MENUMBUHKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AL-HIDAYAH 73 JEMBER TAHUN AJARAN 2023/2024

Wulandari, Iswara Indah (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KELOMPOK UNTUK MENUMBUHKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AL-HIDAYAH 73 JEMBER TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-005-PIAUD-2024)
Iswara Indah Wulandari 201101050016_watermark .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Model pembelajaran kelompok merupakan model pembelajaran dimana peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok terdiri dari 3-4 peserta didik untuk saling berinteraksi, bekerjasama, menyelesaikan tugas dalam kelompok dari guru. Salah satu cara guru untuk menumbuhkan perilaku prososial yaitu menggunakan model pembelajaran kelompok dengan karya kelompok.
Fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana perencanaan model pembelajaran kelompok untuk menumbuhkan perilaku prososial anak usia 4-5 tahun di TK Al-Hidayah 73 Jember tahun ajaran 2023/2024? 2. Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran kelompok untuk menumbuhkan perilaku prososial anak usia 4-5 tahun di TK Al-Hidayah 73 Jember tahun ajaran 2023/2024? 3. Bagaimana evaluasi model pembelajaran kelompok untuk menumbuhkan perilaku prososial anak usia 4-5 tahun di TK Al-Hidayah 73 Jember tahun ajaran 2023/2024? Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan perencanaan model pembelajaran kelompok untuk menumbuhkan perilaku prososial anak usia 4-5 tahun di TK Al-Hidayah 73 Jember tahun ajaran 2023/2024, 2. Mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran kelompok untuk menumbuhkan perilaku prososial anak usia 4-5 tahun di TK Al-Hidayah 73 Jember tahun ajaran 2023/2024, 3. Mendeskripsikan evaluasi model pembelajaran kelompok untuk menumbuhkan perilaku prososial anak usia 4-5 tahun di TK Al-Hidayah 73 Jember tahun ajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Penelitian ini di TK Al-Hidayah 73, subyek penelitian yaitu guru dan peserta didik usia 4-5 tahun pada kelompok A2. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi nonpartisipan, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif menggunakan teori Miles, Huberman, dan Saldana yaitu: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Penelitian ini mengasilkan: 1) Perencanaan model pembelajaran kelompok untuk menumbuhkan perilaku prososial guru menyediakan bahan, alat, dan sumber belajar berbeda dalam beberapa kelompok disesuaikan dengan topik pembelajaran. 2) Pelaksanaan model pembelajaran kelompok di TK Al-Hidayah 73 yaitu pengelolaan kelas, langkah-langkah kegiatan terdiri dari: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, istirahat/makan, penutup, dan penilaian. Pelaksanaan model pembelajaran kelompok untuk menumbuhkan perilaku prososial menjadikan peserta didik antusias dengan pembelajaran kelompok, peserta didik bekerjasama dengan anggota kelompok, kreativitas peserta didik berkembang sesuai harapan, peserta didik lebih bertanggung jawab pada pembelajaran kelompok, dan guru mengapresiasi hasil karya kegiatan kelompok. 3) Evaluasi model pembelajaran kelompok untuk menumbuhkan perilaku prososial anak usia 4-5 tahun menggunakan penilaian observasi/ceklis, catatan anekdot, dan hasil karya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Iswara Indah Wulandari
Date Deposited: 03 Jun 2024 06:20
Last Modified: 05 Jul 2024 06:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32880

Actions (login required)

View Item View Item