Implementasi Tarbiyah Amaliyah Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Mengajar di Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung Jember

Musyayyidah, Ainul (2024) Implementasi Tarbiyah Amaliyah Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Mengajar di Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung Jember. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AINUL TESIS.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ainul, Musyayyidah. 2024. Implementasi Tarbiyah Amaliyah Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Mengajar Di Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung Jember. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Uiversitas Islam Negeri KH. Achmad Shiddiq Jember. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Aminullah, M.Ag, Pembimbing II: Dr. H. Sofyan Hadi, M.Pd

Kata Kunci: Implementasi Tarbiyah Amaliyah, Kompetensi Mengajar,

Meningkatkan kualitas santri, guru mempunyai peran penting dalam meningkatkan santri dengan cara melihat kemampuan para calon guru saat kegiatan belajar mengajar, sehingga perlu adanya praktek belajar mengajar sesuai dengan panduan buku yang sudah tertuang dalam kitab Tarbiyah Amaliyah di Pesantren Baitul Arqom yang bertujuan untuk melihat potensi siswa dalam praktek mengajar dan mengevaluasi proses mengajar sehingga dapat menemukan kualitas guru yang berkualitas dan berorientasi pada masa depan.
Fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana perencanaan dalam Tarbiyah Amaliyah sebagai upaya meningkatkan kompetensi mengajar di Pondok Pesantren Baitul Arqom 2) Bagaimana pelaksanaan Tarbiyah Amaliyah sebagai upaya meningkatkan kompetensi mengajar di Pondok Pesantren Baitul Arqom 3) Bagaimana implikasi dari penerapan Tarbiyah Amaliyah dalam kualitas mengajar di Pondok Pesantren Baitul Arqom . Penelitian ini bertujuan: 1) Menganalisis perencanaan dalam Tarbiyah Amaliyah sebagai upaya meningkatkan kompetensi mengajar di Pondok Pesantren Baitul Arqom 2) Menganalisis pelaksanaa dalam Tarbiyah Amaliyah sebagai upaya meningkatkan kompetensi mengajar di Pondok Pesantren Baitul Arqom 3) Menganalisis implikasi dari penerapan Tarbiyah Amaliyah dalam kualitas mengajar di Pondok Pesantren Baitul Arqom.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari 3 langkah: Pengumpulan data,kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Uji Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, pengumpulan data dan waktu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) menyiapkan kader guru agama, Pesantren ini membekali calon guru akan ilmu-ilmu dan pengajaran dengan mengedepankan sebuah persiapan yang matang sebelum Tarbiyah Amaliyah 2) Sebelum dilaksanakannya Tarbiyah Amaliyah terdapat sistem bimbingan, pelaksanaan pengajarannya menggunakan langkah-langkah meliputi; muqoddimah, ‘ardh, rabth, istinbath, dan tathbiq (3) Dampak yang ditemukan dari pelaksanaan Tarbiyah Amaliyah adalah dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru praktik atau santri, melatih mental santri, meningkatkan bahasa Arab & Ingris, membuat forum evaluasi dan responsif murid lebih menonjol terhadap guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Tarbiyah Amaliyah, Kompetensi Mengajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200302 English Language
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Ainul Musyayyidah
Date Deposited: 05 Jun 2024 07:02
Last Modified: 05 Jun 2024 07:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32930

Actions (login required)

View Item View Item